IGI DIUNDANG RESMI DALAM KONFERENSI INTERNASIONAL TESOL THAILAND KE-39

0
318

Oleh: Mampuono
#menemubaling

TESOL (Teachers of English to Speakers of Languages) International Association adalah organisasi profesional terbesar untuk guru bahasa Inggris sebagai bahasa kedua ataupun bahasa asing. Lembaga ini didirikan pada tahun 1966, dan berbasis di Alexandria, Virginia , di Amerika Serikat. Pada 2013, TESOL memiliki 12.100 anggota yang tersebar di seluruh dunia. TESOL juga berafiliasi dengan 109 organisasi pendidikan bahasa. Lebih dari setengahnya berbasis di luar Amerika Serikat.

Jumlah total anggota TESOL, termasuk yang dari organisasi afiliasi, adalah sekitar 44.000. TESOL menerbitkan dua jurnal akademik peer-review, TESOL Quarterly dan TESOL Journal. Selama musim panas, organisasi ini mengadakan seminar pengembangan profesional yang disebut “Akademi TESOL” di seluruh Amerika Serikat. TESOL juga menjadi tuan rumah konvensi tahunan.

Selain itu, TESOL juga mendirikan kantor kantor cabang di berbagai negara, diantaranya di Thailand. Thailand TESOL juga mengadakan konferensi internasional setiap tahun. Peserta bisa datang dari manapun di seluruh dunia. Mereka adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam pengajaran bahasa Inggris, baik di kampus-kampus, kursus-kursus, sekolah-sekolah, situs pembelajaran online, dan tempat-tempat lainnya.

Konvensi internasional Thailand TESOL pada tahun ini berlangsung pada tanggal 18 dan19 Januari 2019. Panitia mengundang semua profesional di bidang Pengajaran Bahasa Inggris atau bidang terkait untuk bergabung dalam konferensi ini. Syaratnya dengan terlebih dahulu mengirimkan abstrak untuk Konferensi Internasional Thailand TESOL ke-39 ini.

Dengan tema ”Perubahan dan Peluang dalam ELT”, konferensi tahun ini menyediakan arena diskusi terbuka bagi para praktisi ELT di Asia dan di seluruh dunia dalam pembelajaran abad ke-21. Tujuannya adalah membuat forum untuk diskusi mendalam tentang pengelolaan perubahan dalam pengajaran bahasa Inggris. Selain itu, penelitian dan keterlibatan kritis dalam menemukan lingkungan kerja yang mendukung dan kolaboratif akan mempromosikan praktik kelas yang efektif untuk kepentingan pembelajaran bahasa Inggris.

TESOL sebagai lembaga peneliti, praktisi, pemangku kepentingan pendidikan menghadapi gerakan dan tantangan pendidikan global mengarahkan TESOL untuk memikirkan kembali, membingkai ulang, dan merefleksikan praktik pada konferensi Thailand TESOL 2019 ini.

Dalam konferensi internasional Thailand TESOL kali ini terbuka kesempatan bagi semua guru dan pendidik berbahasa Inggris untuk mengambil peran aktif dalam profesi guru, untuk berbagi pengetahuan, dan belajar dari pengalaman dan tantangan orang lain.

Tema konferensi kali ini meliputi Masalah Budaya, Literasi Kritis dan ELT, Pedagogi Kritis dan Pengajaran Bahasa, Pengembangan Profesional ELT, Sastra, Terjemahan, Linguistik, Linguistik Terapan, Pendidikan Bilingual, Pengembangan Kurikulum/Material, Penilaian/Pengujian, Transformasi dan Pengajaran Bahasa Inggris.

Pendaftaran peserta konferensi internasional ini ada tiga jenis yang dimulai pada tanggal 1 Oktober – 30 November 2018 (Early-Bird), Desember 2018 – 15 Januari 2019 (pendaftaran reguler) dan Pendaftaran di Tempat pada saat event tanggal 17-19 Januari 2019. Sedangkan pendaftaran untuk Pembicara Pendaftaran Early-Bird dimulai pada tanggal 15 September – 31 Oktober 2018 dan Registrasi Reguler tanggal 1 – 30 November 2018 .

Tempat konferensi internasional Thailand Tesol kali ini di The Ambassador Hotel Bangkok yang berlokasi di jalan jalan Sukhumvit Nomor 11, Klongtoei Nue, Wattana, Soi, Khlong Toei, Bangkok 10110. Event konferensi internasional yang berlangsung dua hari ini akan dilanjutkan dengan workshop khusus untuk pengelolaan asosiasi guru selama 3 hari dari tanggal 20 sampai 23 di universitas King Mongkut’s University of Technology. Thonburi juga di Bangkok, Thailand.

Adalah sebuah kebanggaan tersendiri Ikatan Guru Indonesia (IGI) sebagai organisasi profesi yang fokus pada peningkatan kompetensi guru di Indonesia dipercaya untuk mengirimkan salah satu wakilnya menghadiri konferensi internasional dan workshop tersebut. Mampuono, sekretaris jenderal IGI ditunjuk oleh Ramli Rahim, ketua umum Pengurus Pusat IGI untuk menjadi wakil resmi IGI dalam kegiatan internasional tersebut. Seluruh beban akomodasi pengiriman perwakilan resmi tersebut ditanggung oleh British Council. Ketua umum PP IGI sedianya juga akan hadir dalam kegiatan ini, namun sayangnya kondisi fisiknya belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat.

Harapannya, setelah mengikuti konferensi internasional dan workshop tentang pengelolaan asosiasi guru ini ini akan ada banyak manfaat yang bisa diambil untuk memajukan IGI sebagai sebuah organisasi yang juga cara menjadi organisasi naungan para guru bahasa Inggris. Kerjasama dengan British Council pada masa masa mendatang akan terus ditingkatkan agar kedua institusi sama-sama mendapatkan manfaat yang diharapkan.

Untuk membuat event ini tetap ramai dikunjungi oleh para pembicara dan peserta dari seluruh dunia panitia juga sudah menyiapkan topik dan tanggal untuk event tahun berikutnya. Event yang sama akan digelar pada tanggal 30 Januari sampai 1 Februari 2020 di tempat yang sama, Ambassador Hotel Bangkok. Tema konferensi internasional Thailand TESOL yang ke-40 nanti adalah “Harmony in Diversity in ELT Transcultural Society.”

_______________________________________
Bangkok 18 Januari 2019, 21.00 waktu setempat

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakCatatan perjalanan: PILIH KELASMU SENDIRI
Artikulli tjetërKORNWIPA POONPON, Ph. D.
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen Bidang Literasi dan Publikasi Karya Guru