Dahulu Ulat Sekarang Kupu Kupu, Waktunya Guru Berubah

0
576

Ari Ekoprianto
NTA. 201628010000076
Guru SMKS Baitul Hamdi, Pandeglang, Banten

Guru merupakan unsur yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan. Sebaik apapuninput siswa dan kurikulum tanpa peran guru yang berkualitas maka peningkatan mutu pendidikan akan sulit dicapai.

Guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Ikatan guru Indonesia (IGI), berkomitmen untuk berkontribusi pada peningkatan kompetensi guru, baik itu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial ataupun profesional.

Salah satu hal yang menghambat keberhasilan peningkatan kompetensi guru ini adalah penguasaan literasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan sarana pendukungnya.

Untuk menghilangkan hambatan ini, IGI melaksanakan program pelatihan dan Workshop penguasaan TIK di seluruh wilayah Indonesia. IGI Kabupaten Pandeglang pada tanggal 15 Januari 2017 telah menyelenggarakan workshop pembuatan media pembelajaran interaktif yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pandeglang.

Dengan penguasaan TIK yang mumpuni diharapkan selain meringankan tugas guru maka proses pembelajaran akan lebih menarik, lebih variatif dan efisien.

Untuk menjamin keberhasilan program ini harus didukung perubahan paradigma dari guru, guru harus menjadi seseorang yang senantiasa belajar secara terus-menerus untuk mengembangkan penguasaan keilmuannya. Seorang guru pembelajar senantiasa bersikap optimistis menghadapiberbagai perubahan. Hambatan yang timbul di anggap sebagai cambuk untuk senantiasa memperbaiki diri dan meningkatkan kapasitas profesionalismenya.

Sudah saatnya guru berubah dari ulat menjadi kupu,  bersama IGI menjadi guru pembelajar, pendidik yang teguh, tegar dan bersemangat membangun kompetensi diri.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here