Training of Coach Ikatan Guru Indonesia (TOC IGI) di GSG MAN 1 Bandar Lampung

0
692

Rizyanti – MAN 1 Bandar Lampung

Bertajuk SAGUSATAB (Satu Guru Satu Tablet) dan SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog), TOC II Ikatan Guru Indonesia Provinsi Lampung dilaksanakan di GSG MAN 1 Bandar Lampung pada 25-26 Pebruari 2017. Kegiatan ini merupakan optimalisasi kegiatan sebelumnya yaitu TOC 1 pada Desember 2016 yang dilaksanakan di GSG SD Al-Kautsar Lampung.

Dipandu oleh Coach Danang Hidayatullah, peserta sangat antusias menerima materi yang menarik dan sangat menantang tentang berbagai fitur seperti S-Note, Aplikasi Kahoot, dan content blogger pada Tablet Samsung A8 sebagai media utama dalam training ini. IGI dalam kegiatan ini bekerjasama dengan PT. Samsung untuk meningkatkan pembelajaran berbasis paperless.. Melalui cover SAGUSATAB (Satu Guru Satu Tablet), Ikatan Guru Indonesia yakin mampu meningkatkan kompetensi guru agar dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran berkualitas berbasis IT untuk mendukung gerakan literasi produktif. Selain itu, materi SAGUSABLOG juga tidak kalah menantang karena dengan tingkat kerumitan tinggi, tentunya membutuhkan konsentrasi lebih bagi para peserta. Namun, dengan penuh semangat peserta terus mengasah kemampuan demi meningkatkan kompetensi. Harus disadari, perkembangan teknologi sangat membantu pendidik dalam menyuguhkan pembelajaran karena dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan, utamanya ruang dan waktu. Artinya konsep belajar sepanjang hayat yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dapat terbantukan dengan teknologi, papar ketua IGI Provinsi Lampung Ahmad Nurkholish, M. Pd.

Sementara itu, menurut ketua pelaksana Rizyanti, M. Pd, guru sebagai ujung tombak pendidikan tidak boleh tertinggal alias gagap teknologi. Pada era smartphone yang semakin canggih sangat memungkinkan untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui media. Maka sebagai pendidik hendaknya senantiasa mengembangkan kompetensi baik kognitif maupun pedagogik, imbuhnya. Lebih lanjut beliau menghimbau agar para guru segera merapat dan menguatkan keprofesian guru melalui Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk memotivasi diri agar berkembang bersama, “Sharing and Growing Together”.

Banyak sekali program IGI yang akan memperkaya kompetensi para guru seperti sagusatab, sagusablog, sagusanov (Satu Guru Satu Inovasi), sagusaku (Satu Guru Satu buku) dan masih banyak lagi, info lebih luas silakan berkenalan dengan webs IGI melalui “www.igi.or.id. Bapak dan ibu guru mau maju, gabung di Ikatan Guru Indonesia, pungkasnya.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here