Amazing Days With Mr. Danang

0
496

Arif Fadilah

Menjadi bagian dari komunitas IGI adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya setelah sekian lama mencari komunitas yang mau berbagi dan bertumbuh bersama. Tidak ada kata terlambat untuk bergabung dalam komunitas yang banyak membantu untuk mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik. Harus berani move on untuk meninggalkan comfort zone. Apalagi dengan slogannya “Sharing dan growing together” yang benar- benar diwujudkan dengan kiprahnya dalam berbagai kegiatan yang diadakan di seluruh wilayah nusantara dalam rangka mewujudkan guru- guru dahsyat. Diantara kegiatannya adalah Trainer of Coach dan SAGUSABLOG.

Dalam rangka mewujudkan guru- guru dahsyat yang mau berbagi dan tumbuh bersama, IGI wilayang Lampung sebagai perpanjangan tangan IGI pusat telah menggelar TOC dan SAGUSABLOG berbasis tablet yang berlangsung selama 2 hari, 24 -26 Februari 2017 di Aula MAN 1 Bandar Lampung. Kegiatan diikuti oleh perwakilan pengurus IGI dari beberapa kabupaten di wilayah propinsi Lampung dengan jumlah sekitar 25 orang. Mungkin ini adalah TOC dengan jumlah peserta yang paling sedikit jika dibandingkan di wilayah- wilayah lainnya (jujur, kami merasa minder, khawatir mengecewakan Pak Danang).

Hari pertama dengan materi Optimalisasi penggunaan Tablet SAMSUNG A8 dipandu langsung oleh Mr. Danang Hidayatullah yang sangat piawai dalam mengoperasikan Tablet Samsung A8. Tab A8 sebagai alat bantu dalam berkomunikasi sekaligus sebagai media pembelajaran yang sangat bermanfaat, ringan dan easy going. Banyak hal yang bisa kita explore dari tab A8, di antaranyanya adalah fasilitas S-Pen sebagai pengganti spidol, voice to text untuk membantu menulis apa yang kita ucapkan sehingga akhirnya hanya dibutuhkan mengedit saja, dan juga fasilitas multi window. Dan masih banyak lagi fitur- fitur lainnya yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Pada sesi ini juga diajarkan bagaimana membuat games pembelajaraan dengan aplikasi Kahoot. Ya tehnology bukan segalanya, tapi dengan tehnology akan memudahkan urusan kita. It’s really amazing day.

Hari ke2 difokuskan pada pembuatan blog. Diawali dengan pembuatan form dengan google form yang bisa digunakan bukan hanya untuk pengumpulan data tapi bisa kita gunakan untuk membuat soal- soal dalam rangka penilaian harian atau keperluan lainnya. Sesi selanjutnya adalah pembuatan blog dengan blogspot. com. Ini merupakan sesi yang tak kalah pentingnya dari materi hari pertama. Setiap guru dituntut untuk membuat karya, “Guru Mulia karena Karya”.

Terimakasih IGI, teristimewa Mr. Danang yg sudah meluangkan waktunya selama 2 hari full buat IGI Lampung. Inilah komunitas yang saya rasakan benar- benar memberikan manfaat bagi saya pribadi dalam rangka profesional develpment. Sharing and growing together bukan hanya sekedar slogan tapi ini benar- benar nyata. Once more, thank a lot for IGI, especially for Mr. Danang. It’s really amazing day with IGIers Lampung. C U on the next event. Selamat berkarya teman- teman guru dahsyat Indonesia. Teristimewa teman- teman guru di Lampung. Kalaupun tidak mampu menjadi sumber manfaat setidaknya kita berusaha menjadi selang yang menyalurkan manfaat tersebut. Salam untuk semua IGIer Indonesia

Bandar Lampung, 27 Pebruari 2017
By. ARIF FADHILAH
Anggota IGI Lampung

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here