Metode Membaca BBM

0
1875

Apa itu BBM? BBM merupakan metode membaca berimbang yaitu membaca bersama membaca terbimbing dan membaca mandiri. Metode membaca ini digunakan untuk kelas awal di sekolah dasar, kita sering mengalami kesulitan untuk mengatasi siswa kelas awal yang mempunyai perbedaan kemampuan membaca.

Metode ini diperoleh dari USAID Prioritas yang memberikan bantuan berupa buku bacaan berjenjang(B3). Tidak ada salahnya saya berbagi tentang metode ini karena tidak semua sekolah dasar mendapatkan bantuan B3 dan pelatihannya. Untuk menerapkan metode BBM bagi sekolah yang tidak mendapatkan bantuan buku, bisa mencari buku-buku yang sesuai untuk kelas awal berdasarkan kemampuan membaca siswa.

Metode ini pernah saya buat artikel untuk mengikuti simposium guru tahun 2016 dan Alhamdulillah lolos meski tidak juara. Metode BBM, tiga metode membaca yaitu membaca bersama, terbimbing, dan mandiri. Membaca bersama merupakan metode membaca menggunakan buku besar yang bergambar. Metode ini melatih siswa percaya diri dan belajar membaca dengan memperhatikan guru sebagai model. Yang perlu diperhatikan ketika membaca bersama semua siswa harus bisa melihat buku yang dibaca guru tanpa terhalang. Siswa bisa diajak duduk di lantai dan guru duduk di kursi atau tetap duduk di bangku jika murid sedikit.

Membaca terbimbing berbeda dengan membaca bersama, jika membaca bersama menggunakan buku besar dan guru sebagai model, membaca terbimbing menggunakan buku kecil dan guru sebagai fasilitator. Metode ini digunakan dengan cara guru membagi kelompok kecil berdasarkan kemampuan membacanya. Setelah membagi kemampuan membaca yang homogen, guru menentukan satu kelompok kecil untuk dibimbing dan kelompok lain diberi tugas yang berbeda agar tidak mengganggu jalannya pembimbingan. Perlu diperhatikan dalam metode ini guru harus menyiapkan buku yang sama sesuai jumlah siswa terbimbing. Dalam membaca terbimbing suara guru jangan terlalu keras agar tidak mengganggu siswa yang mengerjakan tugas.

Ada 4 ketrampilan membaca yang diajarkan dalam metode membaca bersama dan terbimbing yaitu memprediksi, kosakata dan tanda baca, pemahaman, dan merangkum.

Metode membaca yang ketiga yaitu membaca mandiri. Metode ini dilakukan siswa secara mendiri dengan didampingi guru. Guru membantu memilihkan buku yang sesuai untuk siswa dengan menggunakan pedoman lima jari yaitu jika siswa tidak memahami lebih dari lima kata dalam satu halaman, berarti buku itu terlalu sulit untuk siswa. Dan buku tersebut dikatakan terlalu mudah jika siswa menyelesaikan membaca dengan waktu yang sangat cepat. Bagaimana tenan-teman, tertarik dengan metode membaca BBM?

Rohmawati, Sragen

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here