BERBAGI PRAKTIK BAIK – Ajang Berbagi Pengalaman Terbaik Guru Hebat Indonesia

0
2246

Oleh: Anang, M.Pd (PP Ikatan Guru Indonesia)

Peserta Praktik Baik – Swiss Belhotel International di Kota Ambon

Guru-guru hebat akan tampil dan berbagi pengalaman praktik baik mereka dalam ajang Berbagi Praktik Baik Program Organisasi Penggerak (POP) Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada tanggal 9 sampai dengan 11 Juni 2023 yang dilenggarakan di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Mereka adalah guru-guru terpilih yang diundang dari berbagai kabupaten untuk mempresentasikan dokumen pengalaman terbaik mereka selama mengajar.

Praktik Baik (Best Practice) adalah ruh dalam proses pembelajaran. Praktik baik adalah pengalaman terbaik yang dimiliki para guru dalam menjalankan rutinitas keseharian mereka dan kemudian terdokumentasikan dengan struktur yang rapih dan menarik. Pengalaman ini kemudian menjadi model proses pembelajaran dengan menunjukan langkah-langkah yang sistematis. Praktik baik, secara empiris dan teruji sudah dilaksanakan dan sudah menghasilkan kualitas capaian yang cukup memuaskan. Atas dasar inilah praktik baik atau best practice harus bisa dibagikan untuk dicontoh dan bisa dimodifikasikan untuk kemudian bisa diterapkan oleh guru lain di tempat yang berbeda.

Semua guru pasti memiliki pengalaman terbaik yang sudah ia lakukan dalam kegiatan keseharian mereka di sekolah bersama murid masing-masing. Bagaimana para guru meramu rencana terbaik, menyusun langkah terbaik, yang beroerientasi untuk mendapatkan hasil terbaik, bisa menjadi inspirasi bagi guru lain untuk melakukan hal serupa di kelas mereka. Pengalaman ini kemudian disusun dengan sistematika dokumentasi terbaik dengan struktur yang referensial.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) menemukan adanya celah yang sering terabaikan dimana guru-guru hebat ini kurang memiliki ruang untuk berbagi dan menguji kualitas proses pembelajaran yang telah mereka jalankan. Pengalaman-pengalaman luar biasa ini kurang mendapatkan perhatian dan penghargaan. Padahal, pengalaman terbaik ini adalah inti dari proses pembelajaran. Hal inilah yang mendasari IGI untuk menyelenggarakan kegiatan Berbagi Praktik Baik sebagai bagian dari kegiatan inti Program Organisasi Penggerak (POP) tahun 2023.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merasa tertantang untuk memfasilitasi guru-guru hebat yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menunjukan praktik terbaik mereka dalam satu panggung yang bergengsi. Ajang ini akan menjadi ruang unjuk diri dan sekaligus publikasi atas pengalaman prestasif. Panggung Berbagi Praktik Baik yang diselenggarakan di Ambon tanggal 9 sampai dengan 11 Juni 2023 ini adalah acara puncak yang menampilkan guru-guru dengan talenta luar biasa mereka.

Penyelenggara berharap kegiatan ini bisa menjadi ruang berbagi para guru hebat Indonesia atas berbagai pengalaman luar biasa mereka dalam mengajar. Selain itu, ajang ini menjadi ruang pemantik kepada semua pihak untuk bisa lebih peduli dengan melihat lebih jauh, menatap lebih dalam akan kondisi nyata dunia pendidikan di Indonesia. Panggung Berbagi Praktik ini diharapkan bisa menjadi kegiatan yang akan membangkitkan semua pihak untuk peduli pada kondisi pendidikan sesungguhnya di daerah sasaran Program Organisasi Penggerak (POP).   

Comments

comments