IGIers, Memperkaya Ilmu di Penghujung Tahun 2016

0
525

Oleh : Wieduri Yulianti (IGI Kota Bima)

Desember 2016, bulan pengujung tahun 2016. Setelah berjibaku dengan berbagai tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik di SMK Negeri 3 Kota Bima, minggu ke tiga bulan Desember merupakan minggu awal liburan akhir tahun, waktu untuk mereparasi diri, mempersiapan diri, fisik dan mental, untuk kembali menjalankan amanat meningkatkan kompetensi generasi penerus bangsa. Disaat yang sama, dipenghujung Tahun 2016, IGI Propinsi NTB bekerja sama dengan PT Samsung Indonesia mengelar kegiatan TOC Literasi Produksi Nasional Tahap II di Mataram, 17 – 18 Desember 2016 yang bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan literasi guru-guru Indonesia, khususnya guru-guru di NTB. IGI Propinsi NTB memberikan kesempatan bagi guru-guru IGI di seluruh kota/kabupaten NTB untuk menimba ilmu dalam TOC Literasi Produktif, dua hari yang singkat untuk mengembangkan profesionalisme diri, kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Akhirnya, bersama 4 rekan IGI Kota Bima lainnya, memutuskan untuk mengisi awal liburan kami dengan memperkaya diri di TOC Literasi Produktif Nasional Tahap II di Mataram dengan berbekal Laptop dan Tablet A8.

Sabtu, 17 Desember 2016, bertempat di Aula SMK Negeri 3 Mataram, Kegiatan TOC Literasi Produktif Nasional Tahap II wilayah NTB resmi di buka oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTB, Bapak Edy Furkan. Setelah pidato singkat dari ketua panitia, Bapak Halil Subagiono, ketua IGI Propinsi NTB, Bapak Ulil Amry, dan pidato panjang yang bertujuan memotivator guru-guru NTB untuk terus berkarya, mengembangkan potensi diri, dari Bapak H. Ahmad Rusni, SE, MM, Owner/Presiden Direktur Perusahaan Dasar Group yang merupakan salah satu mitra IGI di Propinsi NTB, kegiatan hari pertama TOC Litersi Produktif dimulai dengan pembuatan media pembelajaran Animasi Drawing dengan VideoScribe, yang dipaparkan dengan menarik oleh Bapak Dahli Ahmad. Menariknya Animasi Drawing dengan VideoScribe saat itu mengalahkan menariknya pertandingan final partai kedua piala AFF Indonesia Vs Thailand, walaupun di halaman depan SMK Negeri 3 Mataram saat itu sedang berlangsung kegiatan nobar (nonton bareng), bapak-ibu guru, IGIers NTB, tetap khusyu’ dengan Animasi Drawing-nya masing-masing di Ruang Sidang SMK Negeri 3 Mataram.

Minggu, 18 Desember 2016, hari kedua TOC Literasi Produktif, kegiatan diawali dengan memperkenalkan suatu metode yang dinamakan MENEMU BALING (Menulis dengan Mulut, Membaca dengan Telinga) metode yang dikembangkan oleh Bapak Mampuono, salah satu pengurus IGI Pusat, disampaikan oleh Bapak Yoel Istiawanto, IGIers dari Kalimantan Selatan. Kegiatan selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan Samsung Tablet A8 dalam kegiatan pembelajan. Penggunaan smartphone, android, tablet, note, dan teknologi sejenis lainnya bukanlah hal yang baru. Peradaban telah berubah, maka guru pun perlu berubah, dari guru abad 20 dengan spidol dan papan tulis, menjadi guru abad 21 dengan IT, menuju PAPPERLESS SCHOOL. Banyak fitur dalam Tablet A8 yang dapat dioptimalkan untuk menunjang pembelajaran, baik dalam mempermudah penyusunan bahan ajar, maupun dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik. Fitur-fitur dalam Tablet A8 memberikan efektifitas dan efisiensi waktu dalam operasional program-program aplikasi, namun memberikan hasil yang setara dengan pengolahan menggunakan aplikasi pada laptop. Menariknya dalam kegiatan TOC Literasi Produktif ini, setiap pengetahuan baru langsung diaplikasikan/diterapkan, kesulitan yang ditemui dapat secara langsung diberikan solusinya secara terbimbing, baik oleh Tutor secara langsung, maupun oleh sesama IGIers.

Kegiatan TOC Literasi Produktif berakhir tempat pukul 12.00, ditutup langsung oleh Ketua IGI Propinsi NTB. Beliau berpensan agar ilmu yang didapatkan dalam TOC Literasi Produktif ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri kita pribadi dan rekan-rekan IGIers di tempat kita bertugas, dengan semangat Sharing and Growing Together. Benar-benar merupakan kegiatan dua hari yang singkat namun padat, terasa singkat pertemuannya, namun padat akan ilmu.

Secara pribadi, menjadi IGIers, bagian dari IGI, telah memberikan banyak manfaat bagi pengembangan kompetensi sebagai seorang pendidik. Banyak kesempatan yang diberikan IGI melalui kegiatan pelatihan-pelatihan, baik secara offline maupun secara online. Berawal dari sharing bersama Bapak Abdul Karim melalui ComicLife nya, Bapak Abdul Kholiq dengan workshop online SAGUSANOV nya, Mr. Mung dengan workshop online SAGUSABLOG nya, kini bersama Bapak Dahli Ahmad dengan Animasi Drawing nya, dan Bapak Yoel Istiawanto yang memperkenalkan MENEMU BALING.

Terima kasih IGI, dan mitra IGI, PT Samsung Indonesia, marilah kita bersama-sama menerapkan mentalitas SEPEDA, terus belajar, mengembangkan diri, sharing and growing together, untuk menjadi pemilik masa depan.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here