Guru Smart dengan Wajah Goodlooking

0
638

Rusmila Wati – IGI HSU Kalsel

Pada hari Minggu, tanggal 20 Nopember 2016, saya mengikuti acara pelatihan media pembelajaran berbasis informasi teknologi yang diadakan oleh IGI ( Ikatan Guru Indonesia) tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara yang disampaikan oleh narasumber yang berhasil memenangkan medali emas bidang microsoft tingkat Asia Pasifik yaitu bapak Mumpouno Rasyidi Tomorejo, M.Kom dari Semarang.

Pada hari itu juga turut memberikan sambutan dari instansi pemerintah kabupaten HSU yaitu bapak Bupati HSU dan dari kantor kementerian agama kabupaten HSU dalam hal ini diwakili oleh kasubag TU yaitu bapak H. Nashrullah A.R dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diikuti oleh guru-guru sehingga para guru memiliki wadah untuk mengembangkan dirinya dan meningkatkan keprofesionalannya dalam dunia pendidikan melalui IT ( Informasi dan Teknologi ) dan juga hadir ketua pengurus IGI kab. HSU yaitu bapak Abdu Syahid, S.Pd.I.

Mampuono sedang actionPada saat acara berlangsung bapak Mumpouno sebagai narasumber, Beliau membawakan materi tentang metode Baling ( Menulis Dengan Mulut, Membaca Dengan Telinga ) yaitu guru harus berusaha untuk menjadi smart jangan hanya punya smartphone yang canggih tapi penggunanya juga harus lebih smart dari telepon seluler nya

Beliau juga mengajarkan Bagaimana cara menulis berita tanpa harus menulis terlebih dahulu cukup hanya dengan mendownload beberapa aplikasi untuk memudahkan menulis berita seperti aplikasi Google Keyboard, Google text-to-speech, ColorNote, dan aloud voice. Materi yang beliau sampaikan sangat menarik sehingga para peserta bimtek mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat apalagi beliau jua humoris dan memiliki wajah goodlooking alias ganteng ( tapi itu versi saya lho he he… ).

Beliau juga dengan sabar mengajari para peserta bimtek yang kesulitan dalam mengakses aplikasi yang disarankan sehingga seluruh peserta bimtek benar-benar menguasai aplikasi yang digunakan. Beliau juga menguasai bahasa Inggris dengan baik. Ketika menyampaikan materi kadang-kadang beliau menyelipkan beberapa kalimat dalam bahasa Inggris yang hanya dapat pahami oleh orang-orang tertentu saja (dalam hal ini saya paham walaupun hanya beberapa kata he he)

Materi yang kedua adalah Animasi Drawing yang berisi tentang aplikasi sparkol yang dapat membantu memudahkan para pendidik dalam menyampaikan materi di kelas karena aplikasi ini sangat mudah dan menarik sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran yang mudah diserap oleh seluruh peserta didik di sekolahnya masing-masing.

Namun ada beberapa kekurangan yang saya rasakan diantaranya mungkin karena para peserta Bimtek belum sepenuhnya menguasai smartphone atau laptopnya jadi ada beberapa guru yang kesulitan dalam mendownload atau menginstal aplikasi yang narasumber minta sehingga banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia yang mengakibatkan peserta yang lain agak jenuh dalam menunggu langkah-langkah berikutnya yang akan diberikan oleh narasumber. Namun demikian acara bimtek yang dilaksanakan oleh IGI-HSU patut diacungi jempol dalam usahanya untuk meningkatkan intelektualitas para guru khususnya di kabupaten HSU.

#HGN #IGI #IGI7tahun

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here