Workshop yang Menarik, Inspiratif dan Luar Biasa

0
1060

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Bermula saat saya membaca di dinding facebook salah satu teman saya yang memberitahukan bahwa akan ada workshop guru yg di selenggarakan oleh IGI HST. Dari membaca judul “Active Learning Dalam Bingkai Kurikulum 2013” saya sudah sangat tertarik, saya sangat antusias ingin tahu bagaimana dan apa saja materi di acara itu, setelah tahu salah satu materi adalah “Metode Menemu baling (menulis dengan mulut, membaca dengan telinga)” saya semakin antusias ingin mengikuti workshop nya. Malam Senin (sebelum workshop) ada pemberitahuan bahwa workshop-nya akan diadakan fullday, waaaah bakalan seharian nih batin saya, tapi itu semua tak menyurutkan niat saya untuk tetap mengikuti kegiatan ini.

Pagi jam 8 saya sdh berangkat menuju tempat kegiatan yg bertempat di pendopo Bupati HST, di jadwal acara dimulai jam 08.30, tapi saat saya sampai disana ternyata peserta sudah lumayan banyak menandakan bahwa ternyata para guru di HST ini juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mungkin karena ada sesuatu dan lain hal. Kegiatannya baru dimulai kira-kira jam 9.30, acara pembukaan yang diisi dengan sambutan dari kepala Kemenag, Pengurus IGI,  Asisten II Bupati & Ketua panitia, kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus IGI HST, setelah itu memasuki materi workshop yang pertama yaitu “Metode Menemu baling” di sampaikan langsung oleh sekjen IGI bapak Mampuono. Beliau juga guru berprestasi Asia Pasific, subhanallah,  cuma itu yg saya bisa ucapkan tuk mengungkapkan kekaguman  saya kepada IGI, karena IGI saya bisa bertemu langsung dengan beliau yang hebat yang penyampaian materinya asyik, sangat berbobot, tidak monoton dan sama sekali tidak membuat saya mengantuk sepanjang materi dari jam 10.30 sampai jam 13.00. Materinya sangat menarik dan pastinya sangat bermanfaat.  Bahkan waktu segitu pun saya rasa terlalu singkat, semoga suatu waktu nanti saya bisa menerima materi-materi yg lain dari beliau. Jam 13.30 kami kedatangan bapak kepala dinas kab HST yang mewakili bapak Bupati HST untuk menerima penghargaan Duta Bayar Balik, setelah itu kami break kira-kira 30-40 menit. Kemudian kegiatan berlanjut dengan materi dari bapak Raymundus Arief dari Stabilo, beliau memperkenalkan produk- produk dari Stabilo dan menceritakan bagaimana awal mula stabilo bisa bergandengan dengan IGI, karena motto yang sama yaitu ‘Sharing & Growing Together”, beliau juga mengadakan semacam kuis yg berhadiah “goodie bag” dari stabilo, sayang sekali saya tidak kebagian karena tidak sempat ikut menjawab, hehee.

Kemudian materi selanjutnya dari bapak Dahli Ahmad tentang materi “Mengelola Pembelajaran Dengan Efektif”, Disini kami diajarkan tentang materi pengelolaan kelas yg efektif. Materinya juga baaaagus sekali, insya Allah sangat-sangat bermanfaat tuk penerapan saat mengajar anak Didik di sekolah, juga diajarkan tentang langkah-langkah mengajar yang simpel tapi sangat efektif dan efisien tuk mencapai tujuan pembelajaran. Kami diberikan tugas secara berkelompok, sangat seru dan menantang menurut saya. Materi nya berlangsung dari jam 15.00 s/d 17.30, lagi-lagi terasa sangat singkat. Semoga nanti suatu saat saya kembali bisa mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini, yang sangat menarik & bermanfaat bagi para Guru, Aamiin Ya Rabbal Aalamiin…

Terima kasih sedalam dalamnya saya haturkan kepada IGI selaku Panitia Pelaksana kegiatan ini, semoga di lain waktu nanti bisa diadakan lagi kegiatan seperti ini dengan pemateri-pemateri yang handal di bidangnya.

Demikian kesan, pesan, cerita atau bisa juga di bilang curcol dari saya. Oh iya, satu kalimat Pamungkas saya tuk kegiatan kali ini ” Saya benar-benar bisa merasakan ungkapan Datang Kosong Pulang Berisi”
MAJULAH IGI!
Wassalam..

Hj.Hamidah Hasna, S. Pd. I
MI Negeri Sumanggi

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here