“Menemu Baling”, Memudahkan Guru Belajar Menulis

0
842

Mahdini – MIN Barut Hulu Sungai Tengah

Mentari belum tampak, kesibukan seorang ibu sudah dimulai bersama gemerisik air, bergelut dengan rutinitas persiapan anak-anak buat pergi ke sekolah dan rengekan si dede kecil yang masih mau dipeluk dalam dinginnya pagi. Tapi tidak menyurutkan semangat saya, apalagi di hari ini tanggal 21 Nopember 2016, saya ingin mengikuti Workshop Active Learning Dalam Bingkai Kurikulum 2013 yang di adakan IGI kab.Hulu Sungai Tengah.

Workshop ini diadakan dalam rangka hari Huru Guru Nasional 2016 dan HUT ke-7 Ikatan Guru Indonesia. Pukul 08.00 pagi kendaraan saya memasuki halaman pendopo bupati HST, tempat di mana workshop diadakan. Disambut dengan senyum ramah para panitia berseragam biru putih cerah, menambah semangat tuk belajar.  Dalam kegiatan kali ini Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Daerah Hulu Sungai Tengah berlangsung dengan bersahaja, karena segala rangkaian acara yang diawali dari Pelantikan Pengurus IGI Daerah HST, Penganugerahan “ Duta Bayar Balik “ Kepada Bapak H. Abdul Latif, ST, SH. MH Bupati Hulu Sungai Tengah, Penanda Tangan Memorendum of Understending ( MoU ) oleh Ikatan Guru Indonesia Daerah Hulu Sungai Tengah dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan  Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tentang Kerjasama Peningkatan Mutu Guru dengan diakhiri pelaksanaan Workshop Active Learning dalam Bingkai Kurikulum 2013 yang diikuti 310 orang.

Ketua pelaksana kegiatan Humaidi, S.Pd.I dalam laporannya beliau menyampaikan, kegiatan ini Bertujuan Dengan Pelantikan hari ini secara kepengurusan IGI Daerah Hulu Sungai Tengah telah resmi sebagai organisasi profesi guru dan telah tercatat di Kantor Kesbangpol Hulu Sungai Tengah walaupun secara nasional telah disahkan melalui SK Kemenkumham No: AHU-125 AHA 01 06 Tahun 2009, “ Penganugerahan Duta Bayar Balik Kepada Bapak H. Abdul Latif, ST, SH. MH Bupati Hulu Sungai Tengah yang merupakan sebuah gerakan mendorong seseorang yang sudah sukses untuk kembali kesekolah dan daerahnya, melakukan sesuatu untuk memajukan pendidikan didaerah tersebut, sebagai bayar balik kepada dunia pendidikan yang telah membesarkannya, Kita sadari bersama bahwa kesuksesan seseorang adalah tidak lepas dari proses pendidikan dimasa lalu,”. Kata beliau

“Nara sumber kegiatan workshop ialah Trainer Nasional IGI yaitu Sekjen IGI Bapak Mampouno, S.Pd. M. Kom dengan Bapak Dahli Ahmad, M.Pd dengan jumlah alokasi waktu 8 Jam Pelajaran”.

Sementara itu Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia Kalimantan Selatan yang diwakili Sekretaris Wilayah IGI Kal- Sel Abdul Hadi, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Hulu Sungai Tengah, terutama dibawah kepemimpinan Bapak H. Abdul Latif, ST, SH. MH yang telah mendukung secara penuh segala kegiatan IGI Daerah HST, hal ini dibuktikan beliau dengan memberikan izin penggunaan fasilitas yang dimiliki Pemda untuk kegiatan IGI Daerah HST hari ini, baik tempat maupun segala fasilitasnya.

Satu lagi terobosan yang luar biasa dilakukan Ikatan Guru Indonesia Daerah Hulu Sungai Tengah dengan dilakukannya Penanda Tangan Memorendum of Understending (MoU) oleh Ikatan Guru Indonesia Daerah Hulu Sungai Tengah dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan  Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tentang Kerjasama Peningkatan Mutu Guru, yang merupakan sejarah baru bagi organisasi profesi guru yang baru berumur 7 tahun ini dan titik awal support IGI Daerah HST mewujudkan Visi dan Misi Bupati untuk menigkatkan kamajuan sumber daya pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,”. Terang beliau dan melanjutkan sambutannya dengan memberikan nasehat “ Berjalanlah terutama di dalam profesionalisme kita, tidak perlu selalu menggiring opini yang tidak bermanfaat, tapi marilah tawarkan kualitas disetiap kegiatan yang kita lakukan, saya teringat dengan satu kata-kata bijak “ Kalau anda ingin tahu kelebihan dan kekurangan anda bertanyalah dengan musuh Anda “ Karena Mereka setiap hari berpikir mencari kelemahan dan kekurangan kita, untuk itu mari ucapkan terima kasih kepada mereka, karena mereka secara gratis memikirkan kita sehingga kita akan menjadi orang yang kreatif untuk menemukan jalan lain untuk keluar dari segala sesuatu yang menghalangi langkah kita demi membesarkan IGI,”. Harapnya.

Sambutan Ketua IGI Pusat yang diwakili Bendahara Umum IGI Pusat Gusti Surian, M.Pd mengucapkan  “ Selamat bagi pengurus yang dilantik dan salam silaturahmi bagi pejabat maupun peserta kegiatan hari ini, Dalam kegiatan IGI ada program yang namanya “ gerakan bayar balik” kita akan memberikan sebuah penghargaan kepada pemimpin-pemimpin kita yang mempunyai apresiasi dan yang punya dedikasi yang tinggi terhadap dunia pendidikan sebagaimana kita akan memberikan penghargaan pada hari ini kepada Pak Bupati Hulu Sungai Tengah, IGI sudah melahirkan 149 Trainer Nasional hasil pelatihan di Surabaya, salah satunya yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini, yang akan membantu pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme serta mutu guru dari sabang sampai merauke, IGI tidak tergantung dengan apa yang hanya diprogramkan pemerintah, kita juga berusaha bekerja sendiri karena pemerintah terlalu berat, sudah terlalu banyak memikirkan bangsa ini jadi kita tidak mau membebani, jadi kita mandiri kita berusaha mencari mitra-mitra untuk bekerjasama meningkatkan mutu pendidikan, seperti : kerjasama dengan Samsung, Kalkolator Casio,stabilo dan yang lainnya, Saya berharap guru di Kabupaten Hulu sungai Tengah selalu meningkatkan diri secara kompetensi, sehingga apa yang menjadi tuntutan pemerintah untuk seorang guru, akan bisa dipenuhi,”. Jelasnya.

Dalam sambutanya yang dibacakan Asisten II Bupati mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IGI Daerah HST periode 2016- 2021, semoga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan sebagai mana visi dan misi Bupati dibidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia untuk memajukan pendidikan yang tidak hanya unggul secara lokal namun bisa unggul secara nasional bahkan unggul di tingkat internasional/ dunia,”. Terangnya.

“ Dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Acara Worshop Active Learning dalam Bingkai Kurikulum 2013 secara resmi saya nyatakan dibuka,”. Tambahnya.

Mengingat padatnya jadwal yang harus diikuti pak Bupati penyerahan penganugerahan “Duta Bayar Balik” Oleh Sekjen IGI Mampouno, S.Pd. S. Kom diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Drs. H. Riduan, M. M.Psi yang mewakili Bupati.

Dalam sambutanya beliau mengatakan, Pertama tentang Ikatan Guru Indonesia. Sebetulnya sudah lama sekali saya tahu tentang kiprah IGI di dunia pendidikan, namun saat itu saya belum tahu siapa yang harus saya temui dengan siapa saya harus bergabung. Namun Alhamdulillah datang teman-teman dari IGI menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan program IGI di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Saya langsung menyambut baik dan saya barharap yang IGI lakukan saat ini tentu akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan guru terutama dari sisi guru untuk menulis. Mereka jadi bisa menghasilkan karya-karya tulis yang merupakan momok yang saat ini yang banyak tidak bisa mereka lakukan, karena mereka tidak tahu harus berbuat dari mana memulainya.  Dengan difasilitasi IGI mudah-mudahan ke depan guru-guru di kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan metode Menemu Baling jadinya tidak ada yang tidak pandai menulis. Dan tentu hasil tulisan-tulisan ini selain berguna bagi mereka sendiri juga untuk  teman-teman mereka di sekolah. Dan tentu juga untuk kiprah pendidikan di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jadi sekali lagi saya menyambut baik apa yang dilakukan IGI dan mudah-mudahan kerjasama ini selalu terjalin baik dan tentunya kita sangat berharap IGI selalu memfasilitasi teman-teman di lapangan untuk bisa mengembangkan kreativitas mereka di dunia pendidikan. Jelasnya.

Dan sebagai tagihan kegiatan yang selesai pada pukul 17.30 WITA, kami diminta membuat sebuah  karangan bergenre naratif tentang perjalanan kami hari ini dari rumah menuju ke tempat seminar dan segala aktivitas di dalam seminar dari awal  sampai akhir. Saya yang pertama kali belajar menulis pun mencoba membuat tulisan sederhana ini.  Mencoba menggunakan metode MENEMU BALING, yang diajarkan oleh sang Trainer hebat Pak Mampuono. Beliau juga mengatakan bahwa membaca & menulis adalah pangkal ilmu. Banyak sahabat baru, ilmu baru, candaan baru yang saya dapat si seminar kali ini.

Semoga tulisan saya kali ini menjadi awal yang baik menuju tulisan tulisan berikutnya.

#HGN #IGI #IGI7tahun

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here