Tulisan Naratif Workshop Bersama Trainer The Best Microsoft Inovative Teacher Competition Se-Asia Pasifik

0
618

Muammar, S.Pd.I – IGI HST

Pagi yang cerah Senin ( 21/11/16) saya beserta kawan kawan pendidik dari MIN Barabai Utara dengan baju ragam putih hadir ke Pendopo Bupati Hulu Sungai Tengah untuk mengikuti rangkaian kegiatan Pelantikan Pengurus IGI Daerah HST, Penganugerahan “ Duta Bayar Balik “ Kepada Bapak H. Abdul Latif, ST, SH. MH Bupati Hulu Sungai Tengah, Penanda Tangan Memorendum of Understending ( MoU ) oleh Ikatan Guru Indonesia Daerah Hulu Sungai Tengah dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tentang Kerjasama Peningkatan Mutu Guru dengan diakhiri pelaksanaan Workshop Active Learning dalam Bingkai Kurikulum 2013 yang diikuti sekitar 300 orang peserta. Dalam prosesi pelantikan para pengurus mendapat ucapan selamat dari para pejabat selaku undangan juga berpose dengan mengangkat tangan sebagai simbol salam literasi.

Menarik sekali cara Mampuono seorang guru terbaik se Asia pasifik mengarahkan peserta workshop. Diawali dengan menyanyikan lagu On Sunday “alias Pada Hari Minggu” dengan ritme cepat dan lambat dipadu dengan gerakan tangan dilanjutkan dengan irama musik shaolin ala kungfu. Bukan cuma itu, narasumber yang disebut dengan Mr. Capable ini juga menyuruh salah satu peserta untuk membacakan surah Al Baqarah ayat 44 beserta terjemahannya yang artinya: “Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, Padahal kamu membaca Al kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?”  Dari ayat ini peserta diajak merenungi lebih dalam makna yang tersirat beliau jua menjabarkan lebih luas bahwa kita harus peka dan tidak berhenti sekedar hobi membaca, tetapi saatnya menuangkan ide kreatif kita dalam bentuk tulisan karena sangat jelas dalam Al quran kata Kataba yang memiliki makna menulis lebih banyak disebutkan daripada kata Qaraa yang artinya membaca.

Peserta juga diminta untuk mengaktikan jaringan internet handphone berbasis android masing masing untuk menginstall berbagai aplikasi;
1. Instal atau Update Google engine
2. Instal atau Update Google Keyboard.
3. Instal atau Update Google Text to Speech
4. Instal Voice aloud reader
5. Instal Color note
6. Instal Share it

Saat ini, sesuai UU Sisdiknas tentang undang undang guru dan dosen tenaga pendidik harus sesuai kompetensinya. Dengan bahasa lain, linier latar belakang pendidikannya namun ada hal yang aneh dan menarik dari Mampuono riwayat pendidikannya S1 jurusan kimia,S2 IT dan S3 bahasa inggris. Ketika ditanya kenapa ? jawaban beliau adalah itulah bentuk haus dari ilmu karena ilmu yang satu dengan yang lain saling keterkaitan bahkan tak bisa dipisahkan. Wow amazing super sekali, aku membathin.

Materi juga dilanjutkan dengan memperdalam bentuk pengolahan soal materi Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide. Kemampuan-kemampuan ini merupakan kemampuan berpikir level atas pada taksonomi Bloom.

Latar belakang digalakkannya Belajar berpikir kritis tidak langsung seperti belajar tentang materi, tetapi belajar bagaimana cara berpikir kritis dalam penggunaanya untuk memecahkan masalah saling berkaitan satu sama lain. Keterampilan berpikir peserta didik dapat dilatihkan melalui kegiatan dimana peserta didik diberikan suatu masalah dalam hal ini masalah berbentuk soal yang bervariasi Untuk mengembangkan soal HOTS, diperlukan pemahaman terlebih dahulu tentang HOTS dan cara mengembangkan soal HOTS yang dilengkapi kata kerja operasional.

Menjelang siang tanpa mengurangi rasa hormat karena padatnya agenda bupati yang ditunggu-tunggu tak bisa berhadir namun saya yakin beliau tetap mengapresiasi kegiatan workshop buktinya diwakilkan kepada asisten II yang membacakan sambutan tertulisnya. Akhirnya penyerahan penganugerahan “Duta Bayar Balik” Oleh Sekjen IGI Mampouno, S.Pd. S. Kom diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Drs. H. Riduan, M. M.Psi yang juga mewakili Bupati yang dilanjutkan dengan makan siang.

Setelah Ishoma, Aku sengaja kembali ke ruang pelatihan lebih awal daripada yang lain kulihat Kursi masih banyak yang kosong, namun di depan masih ada narasumber sedang asyik mengotak-atik handphonenya. Kalau saya mendekati beliau saya merasa was-was jika mengganggu jam istirahat beliau, namun setelah mengucapkan salam dengan bermuka hangat beliau menyambut saya. Setelah bersalaman lalu saya sampaikan bahwa handphone saya masih belum bisa diaktifkan menemu balingnya meskipun saya sudah menginstal beberapa aplikasi yang sudah dianjurkan. Dengan tanggap beliau mengotak-atik handphone saya ternyata masih belum bisa diaktifkan handphone-nya karena keterbatasan oleh jaringan internet yang sinyalnya tidak terlalu baik (Bad sighnal). Akhirnya dia bertanya kepada saya dimana tempat untuk shalat yang ada di dekat sini. Bapak mau shalat ya? tanyaku …saya bisa mengantar kata saya. Lalu Beliau siap untuk mengikuti saya lalu saya bonceng beliau dengan motor vario 150 techno setelah berkeliling di lapangan Dwi Warna akhirnya sampailah kami di mushola Pemda Kabupaten Hulu sungai Tengah. Lalu beliau shalat dan saya sengaja duduk di belakang sambil istirahat menunggu beliau.

Selesai shalat, beliau kembali menghampiri saya dan mengotak-atik HP. Apakah sudah bisa apa belum? Ternyata masih belum bisa, memang katanya Ini bukan masalah handphone yang tidak tersedia atau terbatas perangkatnya namun karena ada beberapa aplikasi yang belum diinstal dan perlu di update kata beliau saya juga merasa hp saya yang jadul sehingga tidak bisa berfungsi seperti punya teman-teman yang lain. Sesekali Pa Mampouno terlihat tak tahan menahan kantuk lalu beliau bertanya kepada saya apakah saya bisa istirahat sebentar disini? Boleh bapak, dengan senang hati silahkan istirahat di mushala kapan saya harus kembali lagi menjemput bapak kataku.. “Nanti setelah 20 menit kedepan, InsyaAllah cukup jam istirahat…” Ok, I will come back to take you again twenty minute …akan kembali lagi kesini sebelum saya beranjak pergi kupandangi wajah beliau yang langsung terlelap inilah pribadi yang sederhana namun luar biasa penuh dengan mobilisasi demi perkembangan mutu tenaga pendidik Indonesia.

Saya kembali ke ruangan untuk mengikuti materi Mengelola Pembelajaran Secara Efektif yang disampaikan oleh narasumber Dahli Ahmad, M.Pd, Pengurus IGI Pusat Bidang organisasi sambil mengotak-atik aplikasi yang beliau anjurkan ternyata setelah 20 menit itu handphone saya langsung bisa diaktifkan, sesekali saya lihat jam ternyata sudah 20 menit lewat. Saya kembali menuju ke mushola Pemda HST disana saya lihat ternyata sudah dikumandangkan adzan shalat ashar dan ternyata bapak Mampuno mengajak saya untuk shalat ashar sekalian.

Setelah melaksanakan salat ashar berjamaah, dari mushalla sampai ke tempat pelatihan diatas motor ternyata beliau selalu berbicara dengan bahasa Inggris bahkan ketika saya tanya nomor handphonenya saja beliau menjawabnya dengan menyebut angka berbahasa Inggris, meskipun sudah saya bilang “I don’t understand what you mean” Saya tidak paham apa yang beliau ucapkan, tetapi kembali Beliau tetap mengulang lagi apa yang beliau ucapkan tanpa mengucapkan dalam bahasa Indonesia dan setelah sampai di dalam ruangan saya juga bertanya kepada beliau dengan bahasa Inggris, kenapa bisa menjadi sehebat seperti beliau dan saya ungkapkan dengan kalimat “I’m proud you” kata saya lalu dia jawab apa yang menjadikan kebanggaan bagi saya menurut kamu karena kata saya bapak “..you have multi talent and can combine between general knowledge and religion knowledge” bisa menggabungkan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum sehingga jadi balance.

Dan apa yang terjadi setelah kembali ke ruangan, saya lihat peserta sedang asyik membentuk kelompok lalu saya bergabung ke salah satu kelompok laki-laki yang ada di sana. Kemudian dengan khusuk saya mengikuti pelatihan ternyata kami tidak ada jeda waktu untuk merasa santai selain mengejar target waktu yang hampir habis. Kami juga dituntut untuk memberikan solusi dari beberapa tayangan dua buah video tentang Bagaimana seorang tenaga pendidik agar pengelolaan kelas bisa berjalan lebih baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Dahli begitu menguras tenaga dan pikiran. Namun di situ kami langsung bisa memahami, Bagaimana seharusnya seorang pendidik melaksanakan pengelolaan kelas di dalam kelas di depan kelas ada beberapa respond dari peserta yang lain paling sering juga berbagi pengalaman di lapangan dan kami juga merasa tertuntut untuk memberikan solusi dari beberapa video yang ditayangkan di hadapan semua para peserta masing-masing kelompok sepertinya tidak ada yang santai namun semuanya bekerja untuk memaksimalkan potensi daya pikirnya. Karena selain diberikan arahan juga narasumber pandai membuat peserta agar aktif dan berbuat sesuatu karena dari materi yang ada isu menuntut untuk berpikir sehingga dengan adanya pembagian tugas dari narasumber baik tugas secara individu maupun klasikal dan juga kelompok bisa dipecahkan bersama-sama. Untuk mengerahkan daya pikirnya menjadi lebih optimal dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di dalam kelas sesekali narasumber mendekati masing-masing kelompok untuk memberikan arahan dan masukan dari tugas yang diberikan oleh Beliau cuma beberapa menit kami dituntut untuk berpikir cepat sehingga bisa dipresentasikan dihadapan kelompok yang lain.

Setelah kami mempresentasikan, kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang sudah kami simpulkan atau kami sampaikan kepada kelompok-kelompok yang lain ternyata setelah selesai satu tugas kembali kami dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lain sehingga waktu kami sangat terkuras untuk bagaimana memberikan solusi dan mengoptimalkan dari sedikit waktu yang tersedia.

Selesai acara kami langsung diberikan sertifikat kegiatan tanda bahwa kami berhak untuk sebagai peserta yang menyelesaikan kegiatan. Akhirnya setelah semua tugas selesai kami kembali disuruh untuk duduk seperti semula untuk mengikuti acara penutupan dalam acara penutupan narasumber berpesan jangan sampai berhenti sampai disini untuk belajar galilah informasi sebanyak mungkin pelajari ilmu yang banyak sehingga betul-betul bisa menghasilkan pendidikan yang berkualitas sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang Dasar 1945.

Sebelum pulang kembali aku mendekati Bapak Mampouno selaku narasumber bersalaman dengan beliau dengan erat beliau menjabat tangan saya dengan pandangan tajam sambil menjabat tangan saya. Beliau berpesan; “Tetaplah semangat untuk belaja,r gali informasi dan wawasan pengetahuan sehingga bisa menjadi seorang yang profesional dalam melaksanakan tugas”.

Dari kejauhan sayup sayup terdengar lantunan ayat suci Alquran yang menandakan bahwa akan tiba shalat Magrib, saya pun bertekad untuk memantapkan hati setelah mendapat pencerahan ini saya kembali memiliki energi positif untuk lebih bersemangat dalam menggali ilmu pengetahuan sebanyak mungkin dan juga akan berusaha senantiasa berbesar hati dalam dinamika sekolah. Terima kasih kepada panitia Ikatan Guru Indonesia yang sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga kami yang berada di daerah bisa merasakan bagaimana bertatap muka langsung dengan seorang narasumber yang sangat mengagumkan terlebih itu bisa memberikan pencerahan yang luar biasa yang senantiasa diidam-idamkan oleh setiap orang untuk berkarya lebih berkesan lagi di kemudian hari.

Pengungsian Banjir Barabai, 23-11-2016

#HGN #IGI ##IGI7tahun

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here