PRAKTIK MENEMU BALING

Sesi Menemu Baling, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga sambil menunggu sesi berikutnya pada pelatihan penelitian tindakan sekolah di hotel Swissbel Kalibata Jakarta, 16 Desember 2016.

0
1928
pengunduh aplikasi Menemu Baling sudah mencapai 6000 orang lebihPengunduh aplikasi menemui paling sudah mencapai 6000 orang

Saat ini sudah 6000 lebih download aplikasi Menemu Baling yang sudah dilakukan oleh para guru dan pengguna lain di seantero tanah air. Supaya lebih mudah dalam penggunaan aplikasi tersebut diperlukan persebaran informasi yang lebih massive terhadap cara melakukan praktek Menemu Baling atau menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga itu sendiri. Untuk itu  di website IGI ini kita tuliskan bagaimana cara mempraktekkan metode tersebut.

Untuk bisa melakukan praktek Menemu Baling, yang pertama kali bisa dilakukan adalah menginstal softwarenya yang sudah di upload di link berikut ini. Setelah terinstal maka yang perlu dilakukan adalah mengikuti langkah-langkah pada menu Instal Perangkat. Isinya instalasi lima software yang terintegrasi di dalam aplikasi Menemu Baling tersebut.  Setelah itu barulah bisa dilakukan praktek menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga.  Berikut ini adalah cara praktis mengimplementasikan metode Menemu Baling.

A. Praktik Menemu

Cara memulai Menemu atau menulis dengan mulut adalah sbb:

Google Keyboard dengan icon mic di kanan atas.
  1. Klik icon mesin penulis (Color Note) sehingga muncul menu +.
  2. Klik menu teks untuk membuat file tulisan yang baru.
  3. Klik di sembarang area penulisan sehingga muncul keyboard.
  4. Klik mikrofon kecil di sudut kanan atas keyboard. Khusus papan keyboard Samsung biasanya terletak di samping kiri papan spasi. Cara munculkannya dengan menekan agak lama tombol roda gigi di tempat yang sama.
  5. Mulailah bicara dengan jelas agar semua ucapan diubah oleh mesin menjadi tulisan.

    Tampilan   proses menulis dengan mulut melalui mikrofon
  6. Lakukan revisi dan pengeditan sebelum dipublikasikan.
  7. Cara publikasi adalah dengan mengklik menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu klik kirim ke aplikasi yang dikehendaki.
Pilihan publikasi setelah tulisan direvisi dan diedit.

 

B. Praktik  Baling

Cara memulai  Baling atau membaca dengan telinga adalah sbb:

  1. Buka dokumen teks Anda, misalnya file pdf, word, ppt, blog, email, dll.
  2. Klik menu bagi/kirim.
  3. Pilih mesin pembaca (Voice Aloud Reader).
  4. Dengarkan bacaan. Pastikan bahwa mesin membaca dalam bahasa yang Anda kehendaki. Jika bahasa belum sesuai silakan lakukan editing dari  menu yang tersedia.
  5. Cara yang lain adalah dengan menyalin-tempel (copy-paste) teks dari sebuah aplikasi text processor  seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, Word, Pdf, dll. ke dalam mesin pembaca.
Tampilan   proses membaca dengan telinga melalui mesin pembaca.

 

Selamat, Anda sudah  bisa menggunakan Metode Menemu Baling  (menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga) IGI. Silakan mencobanya untuk menulis artikel atau karya tulis ilmiah, membaca ebook pdf yang tebal, dll.

Semoga Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT IGI yang mencerdaskan bangsa semakin marak. Kami sangat berterima kasih jika Anda mau turut serta menyebarluaskan aplikasi yang sangat sederhana namun sangat berguna ini kepada pengguna Android yang lain.

Sekali lagi selamat Anda sudah mengimplementasikan Metode Menemu Baling IGI.

Terimakasih.

 

Ttd

Sekjen IGI

Mampuono

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here