PERINTAH UDARA DAN TAMPILAN UDARA

(Seri "Menemu Baling" tentang Kehebatan SAGUSATAB)

0
1058

 

 

Ada yang pernah mendengar istilah-istilah dalam judul di atas? Jika Anda bukan pemegang tablet paling diminati dalam Program Sagusatab (Satu Guru Satu Tablet)  IGI,  Anda mungkin tidak akan mengenal istilah Perintah udara dan Tampilan udara. Tablet tersebut adalah Samsung Tab A8 yang di dalamnya sudah terinstal hampir semua software pendukung Literasi Produktif Berbasis IT (LPBIT) yang sedang disebarluaskan IGI. Apalagi yang tidak memegang, yang memegang saja mungkin masih asing dengan istilah-istilah tersebut.

Mari kita berkenalan lebih dekat dengan Perintah udara dan Tampilan udara. Salah satu keistimewaan dari tablet kesayangan para guru IGI ini adalah adanya pen.  Pen  tersebut dikenal sebagai S Pen Stylus atau Samsung Pen Stylus yang disertakan pada Tab A8 sebagai penyempurna fungsi pendukung  literasi dalam produk tersebut. S Pen yang multi fungsi ini selain berperan  sebagai pengganti jari dalam mengoperasikan menu-menu di atas layar tablet yang multi touch juga bisa berfungsi layaknya kuas, penghapus, pensil, spidol, cat semprot, dan lain-lain. Terakhir yang membuat saya sebagai pengguna baru tab  ini cukup takjub adalah adanya Perintah udara dan Tampilan udara (Air Command and Air Performance).

Anda mungkin pernah mengenal Aang, biksu kecil berumur ratusan tahun yang selalu dimusuhi pangeran Zuko dari negeri Api dalam serial The Last Air Blender? Dia adalah sang air blender atau pengendali udara. Dan jika kita  memegang S-Pen Stylus di atas layar tablet  maka serasa kita sesakti Aang. Jika Aang harus bertapa ratusan tahun  dan berguru pada para master pengendali udara untuk bisa memerintah udara maka kita cukup melakukan setting S-Pen Stylus saja. Simpel

Bagaimana cara kita melakukan setting Perintah udara? Pertama kali kita harus membuka menu setting Android versi 6.01 (Lollipop) atau versi sebelumnya yang biasanya iconnya  tampil sebagai roda bergerigi. Ikon akan muncul  ketika kita tarik layar dari ujung paling atas ke bawah. Biasanya ikon tersebut berada di sebelah kanan atas. Begitu kita klik ikon tersebut maka menu setting segera terbuka. Setelah menu kita dapat segera mencari menu S Pen dengan scrolling ke bawah.  Begitu kita klik menu tersebut maka akan segera muncul beberapa menu pilihan, diantaranya Perintah udara, Tampilan udara,  Input pena langsung,  Pointer, Opsi melepas dan lain-lain

Kita dapat mengakses fungsi Perintah udara   yang berisi ikon pintasan  dari Action Memo, Screen Write, Image Clip, dan Smart Select dengan cara mengambangkan pen di atas layar lalu memenjet tombol kecil agak   memanjang yang berada di salah satu sisi pena. Selain itu pengguna  diberi kesempatan untuk mengisi atau menukar isi slot  dengan pintasan aplikasi yang difavoritkan. Sedangkan fungsi Tampilan udara menyajikan beberapa fitur di antaranya pratinjau informasi, perpanjangan teks atau perbesar gambar.

Yang paling menarik dari fitur Tampilan udara adalah koneksitasnya dengan fitur Input pena langsung. Ikon Input pena langsung akan muncul setiap kali pengguna melayangkan pena  diatas aplikasi pengolah teks. Begitu ikon berwarna hijau tersebut disentuh dengan pen maka segera muncul satu jendela yang berisi lembaran putih yang siap di isi dengan tulisan tangan. Hebatnya meskipun tulisan yang dibuat adalah tulisan yang bisa dibilang berkelas  ceker ayam, tetapi tablet akan mengubahnya menjadi teks yang sangat rapi sesuai font yang dan dapat dengan jelas dibaca . Ini adalah keajaiban yang setiap guru yang mengajar para pembelajar abad 21 harus mengenal dan mempraktekannya. Untuk meningkatkan  literasi yang dimiliki oleh  anak negeri ternyata tablet program Sagusatab   ini  sangat potensial sebagai alat untuk merevolusi pembelajaran sesuai tuntutan abad 21.

 

Salam pergerakan Pendidikan!

Singkirkan Zona nyaman

 

Mampuono

Sekjen IGI

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here