MENEMU BALING SEBAGAI SOLUSI BERLATIH MENULIS

0
597

Eko Wahyuningsih
SMPN 1 Angsana
Jln. Blok D Sebamban 2 desa banjarsari
Email: ekowahyuningsih15@gmail.com

Menulis dan membaca ibarat dua sisi mata yang tidak dapat dipisahkan karena keduanya merupakan kegiatan yang dapat dilakukan secara berkesinambungan. Seiring tuntutan profesi, menulis dan membaca harus dijadikan budaya dalam diri setiap orang. Hal tersebut seiring dengan digalakkannya gerakan literasi di Indonesia. Gerakan literasi ini tidak hanya berlaku untuk pelajar atau mahasiswa saja tetapi untuk semua orang berkaitan dengan makin terbukanya informasi global saat ini.

Banyak orang yang mengalami kesulitan saat hendak menuangkan pikirannya dalam bentuk kalimat. Hal tersebut sering di alami oleh penulis pemula. Umumnya mereka belum memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kemampuan pribadinya dalam hal menulis. Ketakutan akan kesalahan atau kurang berkualitasnya tulisan dan keinginan untuk membuat tulisan yang berkualitas sangat kuat mendorong dan mendominasi pemikiran penulis pemula sehingga kemampuan berpikirnya kurang berkembang.

Perlu sebuah motivasi sebagai penguatan agar para penulis pemula dapat memiliki keberanian untuk mengalahkan kebingungannya terutama mengalahkan emosinya sendiri. Ada beberapa hal yang menghambat seorang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menulis yaitu: 1. Sifat malas, 2. Kurang motivasi diri 3. Kurang percaya diri 4. Kurang literasi 5. Harapan terlalu tinggi. Dana untuk mengatasi kesulitan tesebut saat ini ada teknik yang dapat mempermudah seorang penulis pemula yaitu dengan metode Menemu baling.

Metode menemu baling merupakan sebuah singkatan dari menulis dengan mulut dan mendengar dengan telinga. Metode ini ditemukan oleh Bapak Mampuono yang disebarkan sejak bulan September 2016 dan di sampaikan pada penyelenggaraan Training of trainer (TOC). Saat ini metode menemu baling dapat di akses menggunakan aplikasi Android yang dapat di download di website resmi Ikatan Guru Indonesia.

Untuk menggunakan metode menemu baling dalam menulis kita hanya perlu mengucapkan kalimat yang ada dalam pikiran kita pada aplikasi Note dan secara otomatis kata-kata yang kita ucapkan akan tertulis. Begitu pula jika kita hendak membaca sebuah artikel atau bahan bacaan lain, kita hanya perlu mendengarkan melalui aplikasi voice alod reader. Dengan demikian tidak ada alasan lagi bahwa menulis dan membaca itu sulit dan memerlukan waktu, karena dengan aplikasi android tersebut semua menjadi mudah.

Sangat di sayangkan jika aplikasi android yang kita miliki tidak kita gunakan secara maksimal. Dan untuk menunjang gerakan literasi, metode menemu baling merupakan salah satu cara sederhana yang dapat di gunakan oleh penulis pemula tanpa harus menyediakan waktu luang, karena metode tersebut dapat di lakukan di mana saja dan kapan saja.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here