KEMUDAHAN MENGAJAR DALAM GENGGAMAN BERSAMA KOLABORASI IGI DAN PT. SAMSUNG INDONESIA

0
651

Kanti Warih Ade Indriani
Email : warih80@gmail.com
IGI kabupaten Sumbawa Barat

Pelatihan Training of Trainers bertemakan literasi produktif berbasis IT yang diselenggarakan di Mataram tanggal 17-18 desember 2016 Hasil kerjasama antara Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan PT. Samsung Indonesia. Bertempat di gedung aula SMKN 3 Mataram. Membawa oleh-oleh yang luar biasa. Terutama metode MENEMU BALING yang disajikan oleh bapak Yoel Istiawanto. Hal baru yang mencengangkan sekaligus menggembirakan bagi peserta pelatihan. Metode Menemu Baling singkatan dari menulis dengan mulut, membaca dengan telinga tentunya sangat asing terdengar. Dengan antusias peserta mengikuti kegiatan itu. Metode menemu baling menggunakan sistem android ternyata sangat mudah digunakan. Dengan beberapa aplikasi yang diinstal kedalam telepon genggam atau tablet, metode ini bisa langsung digunakan untuk mengekplorasi pengetahuan baru dengan gadget kita. Sungguh pengalaman unik yang menyenangkan bagi kami. Chatting, menulis pesan, mengetik sudah tidak perlu memelototi layar. membaca artikel, berita bahkan ebook sudah sambil memejamkan mata bisa kita nikmati. Sangat efisien.

Pengalaman lain yang kami terima adalah animasi drawing. Aplikasi yang cocok untuk guru sebagai pengembangan bahan ajar menciptakan pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan. Dengan aplikasi video scribe guru bisa berkreasi mengemas materi pelajaran menjadi video yang menarik, sehingga siswa tidak bosan dengan metode mengajar cara lama. Selain itu aplikasi ini bisa kita gunakan secara offline, tidak perlu akses internet. Mudah bukan?

Ilmu lain yang tak kalah mengagumkan adalah kecanggihan produk terbaru PT Samsung yaitu tablet A8. Kemudahan mengajar di tangan guru itu adalah sebutan yang cocok untuk alat ini. Selama 2 jam kita di perkenalkan berbagai kelebihan tablet A8, yang menurut kami belumlah semuanya. Masih banyak keunggulan alat ini yang tidak cukup dibahas hanya dalam 2 jam. Seperti, menyajikan  presentasi tidak lagi harus bawa laptop yang berat dan alat lain yang ribet, cukup dengan satu tablet dan bantuan alat yang dinamakan chrome cast, kita bisa lebih leluasa beraksi didepan audien. Apalagi buat guru matematika tidak perlu pusing dengan membuat pola menggunakan equation dalam menulis bentuk-bentuk matematika yang rumit, cukup corat coret di layarnya otomatis akan keluar bentuk matematis yang sempurna. Untuk guru agama yang kesulitan mengetik tulisan arab, di tablet ini disediakan pilihan segala bahasa lengkap dengan tulisannya. Dan segudang kelebihan  lainnya yang membuat kita merasa rugi jika belum memiliki tablet ini.

Semua ini adalah bentuk kepedulian IGI dalam memikirkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan berbagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya guru sebagai ujung tombak pendidikan, IGI percaya dengan kerja keras ini akan membawa perubahan luar biasa pada pendidikan tanah air untuk mampu bersaing di dunia global, dan memeratakan kesempatan mengembangkan potensi bagi guru di daerah tertinggal. Berkolaborasi dengan PT. Samsung Indonesia sebagai salah satu bentuk nyata usaha IGI untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan profesionalisme.

Melalui motto sharing and growing together IGI merangkul guru tanpa membedakan jenjang, status, pangkat, dan lainnya. Menanamkan prinsip kerja ikhlas dari guru oleh guru dan untuk guru. Bersama kita maju. Berbagi  ilmu dan pengalaman untuk pendidikan Indonesia. Jayalah IGI…Salam buat IGIERS di seluruh Indonesia.

Salam
IGI kabupaten Sumbawa Barat

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here