BERFIKIR KREATIF BERSAMA IGI DALAM MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN

0
584

Hasnawati , S.Pd
Guru Fisika SMA Negeri 1 Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat – NTB

Pendidikan saat ini tentu memiliki makna tersendiri bagi para Guru, terutama dalam mengembangkan potensi – potensi dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi pada siistem pendidikan berbasis on line atau teknologi. Dalam era yang serba canggih ini tentu para Guru di tuntut untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada Siswa – siswi dengan teknologi yang serba ada, terutama dalam pembuatan media pembelajaran. Aplikasi atau perangkat pembelajaran yang berbasis teknologi tentu harus di utamakan sebagai upaya dalam meningkatkan pengembangan Dunia pendidikan. Kemampuan guru untuk menggunakan alat pembelajaran untuk dapat memahami potensi dasar yang memungkinkan siswa terus Berfikir kreatif dan tentu proses pembelajaran yang berkesinambungan dengan , maka dengan Berfikir siswa menjadi mampu melakukan perubahan dalam dirinya, berfikir kretive  dan memang sebagian besar perubahan dalam diri Guru dan siswa merupakan akibat dari aktivitas Berfikir, oleh karena itu sangat wajar apabila Berfikir merupakan konsep kunci dalam setiap diskursus mengenai kedudukan Guru dan siswa di Dunia Pendidikan , ini berarti bahwa tanpa Berfikir kreative.

Kemampuan untuk berubah dan perubahan yang terjadi pada Guru dan Siswa merupakan makna pokok yang terkandung dalam setiap Kegiatan Proses Pembelajaran yang berbasis Teknologi. Untuk itu Guru di tuntut untuk bisa memanfaatkan Teknologi pembelajaran, Belajar dari berfikir kreative menjadi bagian terpenting yang ada di Ikatan Guru Indonesia menjadi makna terpenting. Persoalan Mutu dan Kualitas mengajar merupakan salah satu indikator dalam pengembangan Dunia Pendidikan , Ikatan Guru Indonesia hadir menjawab persoalan tersebut, dengan melakukan berbagai macam pelatihan. Sesuai dengan Motto IGI itu sendiri adalah Sharing And Growing together ( Berdiskusi/ berbagi untuk tumbuh dan berkembang bersama ). IGI telah melakukan kerjasama dengan PT. Samsung Indonesia dengan menggelar Pelatihan Training Of Trainer ( TOT ) dengan tema “ Literasi Produktif Nasional II “ yang di selenggarakan di Mataram pada Tanggal 17-18 Desember 2016 yang di ikuti oleh sekitar 50 orang Se – Bali Nusra yang tergabung dalam Ikatan Guru Indonesia. Materi yang Pertama di sampaikan oleh Bapak Dahli Ahmad, M.Pd tentang Animasi Drawing yang sangat bermanfaat bagi Guru dalam mengembangkan kreatifitas Belajar Mengajar. Karena perlu di ketahui bersama siswa saat ini sangat membutuhkan nuansa baru dengan model dan metode yang manarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Apalagi dengan perkembangan Zaman pada Dunia Pendidikan tentu Guru di tuntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan Mutu dan kualitas mengajar.

Aplikasi atau Perangkat Pembelajaran tidak hanya di gunakan dalam bentuk perangkat keras , tetapi juga dapat di akses melalui Android, salah satu program PT. Samsung Elektronik Indonesia dengan menggunakan HP Android bermerek Samsung dapat mengakses proses dan metode pembelajaran secara aktif. Program Unggulan dari PT. Samsung Elektronik Indonesia adalah  melakukan Optimalisasi Aplikasi Samsung TAB A8 yang sangat bermanfaat sekali dalam proses pembelajaran di Sekolah sehingga tidak perlu lagi harus menggunanakan perangkat Keras berupa Laptop , tetapi cukup langsung mengakses aplikasi pembelajaran melalui Samsung TAB A8 . Adapun Keunggulan yang lain dari Samsung adalah adanya Aplikasi MENEMU BALING ( Menulis dengan Mulut Membaca dengan Telinga ) yang di sajikan oleh Bapak Yoel Istiawanto dari IGI Kalimantan Selatan. Ini tentu sangat bermanfaat dan dapat mengefektifkan waktu serta dengan metode pembelajaran yang sungguh luar biasa, Guru tentu di tuntut untuk terus berfikir kreatif untuk memajukan Dunia Pendidikan ke depan. Proses Pembelajaran MENEMU BALING sangat aneh tapi tentu merupakan sebuah kenyataan yang harus kita akui , dengan menggunakan Aplikasi tersebut kita dapat Menulis Dengan Mulut tanpa harus mengetik , caranya mengaktifkan fitur – fitur melalui playstore ( Gboard Keyboard , Voiceloader dan color note ) di Samsung,  Begitu pula , Membaca dengan Telinga dengan mengaktifkan Voiceloader.

Metode pembelajaran yang kreatif seperti Aplikasi yang telah di buat oleh PT. Samsung Elektronik Indonesia sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan ke depan . Terimakasih PT. Samsung Elektronik Indonesia , Terimkasih IGI , Jayalah IGI , Majulah IGI dan tetaplah menjadi Garda terdepan dalam memajukan Dunia Pendidikan Indonesia . Bersama Kita Bisa dan Bersama IGI kita Kreatif. Salam Literasi.

 

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here