KANAL ITU?

0
1161

Yang saya ketahui semenjak kecil sampai sebelum bergabung IGI, kanal itu adalah kali atau saluran air besar. Dan pernah dengar juga dari berbagai berita baik di tv maupun Koran tentang suatu tempat di Jakarta, yaitu Banjir Kanal, Kanal Barat, Kanal Timur, dan lain-lain.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas ; Kanal’ dan navigasi merupakan terusan air buatan manusia . Dalam bahasa lokal, keduanya disebut “terusan”. Perbedaan utama dari keduanya adalah bahwa navigasi paralel dengan sungai dan berbagi tempat drainase, sementara kanal memotong melintasi tempat pembagian drainase.

Pengertian kanal dari berbagai sumber diantaranya;
1. Kanal sebagai jalur kapal (terusan kapal) adalah jalur transportasi yang digunakan untuk angkutan barang dan orang di sungai, laut atau danau yang berguna untuk mempercepat tujuan pelayaran kapal, jalur antara dua buah laut yang tertutup oleh daratan dan sebagai jalur ke laut bagi daerah yang berada jauh di daratan.
2. Kanal sebagai saluran air adalah jalur yang dibuat manusia untuk mengarahkan dan mengalirkan air yang berguna untuk irigasi, penahan banjir dan pemasok air ke tempat tertentu
3. Saat ini istilah kanal bukan hanya digunakan pada saluran air saja, namun sudah berkembang ke bidang lain seperti kanal berita termasuk nama blog ini Kanal Informasi yang berarti saluran informasi yang disajikan secara online lewat sebuah blog serta ada juga juga Kanal Pengetahuan.

Dengan tidak menyimpang dari pengertian dasar bahwa kanal merupakan “terusan atau saluran” maka kita dapat mengenal istilah-istilah tersebut yang dilekatkan pada berbagai sektor. Hal ini juga digunakan Ikatan Guru Indonesia IGI yang merupakan organisasi guru profesional dalam rangka mendukung visi dan misinya. Kanal IGI dimaksudkan sebagai saluran pelatihan bagi guru-guru IGI yang ingin mendalami kompetensi yang ada, terdapat Beberapa kanal Pelatihan IGI yang sudah dan terus berjalan yaitu;

1. Sagusala (satu guru satu laptop), laptop tentunya harus dimiliki oleh setiap guru, namun bagaimana pemanfaatan secara efektif dan berkualitas, itu yang perlu dikembangkan. Tidak sedikit guru-guru kita yang belum mengerti dan memanfaatkan tool-tool yang ada dilaptop atau mungkin saja mereka tidak mengerti. Nah kanal ini membantu guru memaksimalkan laptop tersebut, walaupun semenjak adanya tab A8 (sagusatab) kanal ini mulai terpinggirkan. Karena mobilitas tab A8 lebih baik, lengkap dan teknologinya lebih canggih, kemungkinan guru-guru IGI diarahkan untuk menggunakan tab A8 sebagai media pembelajaran.

2. Sagusatab (satu guru satu tab), penggunaan tablet A8 yang bekerja sama dengan samsung yang dapat mendukung pembelajaran dikelas, Tab A8 yang dipesan IGI memiliki spek khusus dengan fitur-fitur lengkap yang diharapkan oleh IGI membantu dan memudahkan guru-guru IGI dalam melaksanakana KBM dikelas, berbasis IT dan pelatihan pemanfaatan tab tersebut langsung diberikan oleh samsung dan trainer-trainer bersertifikat Samsung

3. Sagusanov (satu guru satu inovasi), guru IGI mengembangkan suatu Inovasi dan tidak jalan ditempat, kanal ini membantu guru-guru IGI menggali inovasi yang ada agar pembelajaran bervariasi dengan metode dan strategi yang efektif dan menyenangkan.

4. Sagusablog (satu guru satu blog), pemanfaatan blog oleh guru dalam pembelajaran merupakan keharusan saat ini, sehingga guru-guru IGI diharapkan memiliki blog sendiri, setiap guru IGI memiliki blog untuk pembelajaran di kelas.

5. sagusaku (satu guru satu buku), kanal ini menuntun guru untuk rajin membaca dan menulis. Disini guru yang tadinya tidak terbiasa membaca dan menulis, akan tertarik dan terpicu untuk menulis. Jika sudah terbiasa menulis, dan tulisannya dikumpulkan maka akan menjadi suatu buku. Ini menjadi sesuatu yang luar biasa, karena menjadi sebuah prestasi bahwa guru-guru IGI mempunyai karya karya yang dibukukan.

6. sagusamik (satu guru satu komik), komik yang selama ini dijadikan bacaan atau cerita saja, kanal ini membuat komik menjadi media pembelajaran yang menarik. Gambar-gambar dan dialog dalam komik pembelajaran bisa menjadi metode yang efektif dikelas, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.

Perkembangan dan perluasan kanal-kanal yang ada di IGI nampaknya masih terus bertambah sesuai dengan kebutuhan dan ide-ide cemerlang dari guru-guru IGI yang memiliki keahliannya namun tidak terakomodir dari kanal yang ada.

Bagaimana guru-guru IGI bisa menguasai dan mengikuti semua kanal yang ada, dipersilakan seuai dengan kemampuan dirinya dan dapat membagi waktu dalam mengikuti pelatihan kanal tersebut.

Hebatnya lagi pelatihan kanal-kanal di IGI tetap bisa berlangsung dengan online atau daring (dalam jejaring), yang saat ini terus berlangsung adalah menggunakan media telegram. Kita bisa mengikuti kanal pelatihan yang ada menggunakan telegram dengan bergabung dalam grup telegram tersebut, seperti grup telegram sagusanov, sagusablog, dan kelas komik IGI.
Moto “sharing and growing together” membuat berkembangnya kanal-kanal yang ada di IGI banyak diminati, semangat berbagi dari teman-teman guru IGI membuat kami tidak lagi mengenal jarak, tidak lagi mengenal usia, tidak lagi mengenal malas, tidak lagi ada halangan, semua terlihat mudah dan sederhana. Inilah hakekat sejati dari manusia yang diberikan oleh Allah SWT, dan ..dan…dan itu ada pada IGI.
Terimakasih semoga bermanfaat

Peserta TOT DKI Jakarta
24-25 Desember 2016
Abdul Marta Nurdin S, ST., M.Pd
Ketua Bidang Diklat IGI Kota Tangerang

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here