KANAL IGI? GW BANGET

1
965

IGI kepanjangan dari Ikatan Guru Indonesia, merupakan organisasi profesi guru yang independen, yang memiliki fokus kepada peningkatan kompetensi guru, kemajuan guru, dan turut aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. IGI sudah disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009, dan diperbarui dengan Nomor: AHU-0000308.AH.01.08. Tahun 2016.

Dengan mengutip dari website resmi IGI www.igi.or.id. IGI memiliki visi memperjuangkan mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Misi IGI adalah sebagai berikut:
1. Mewujudkan peningkatan mutu, profesionalisme, kesejahteraan, perlindungan profesi guru, dan pengabdian kepada masyarakat.
2. Menjadi sarana dan wadah interaktif guru untuk tukar-menukar pengalaman, ide, dan berbagi dalam cara mengajar, pendekatan, metode, strategi dan teknik mengajar, serta hal-hal baru dalam dunia pendidikan.
3. Memajukan pendidikan nasional, keguruan, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Menjalin kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan kemajuan pendidikan, mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru.

Dari visi dan misi ideal diatas, IGI memiliki mesin pelatihan berupa kanal-kanal pelatihan, diantaranya;
1. Sagusalap (satu guru satu laptop),
2. Sagusatab (satu guru satu tab),
3. Sagusanov (satu guru satu inovasi), .
4. Sagusablog (satu guru satu blog),
5. sagusaku (satu guru satu buku),
6. sagusamik (satu guru satu komik)

Satu guru satu …. (apa yang dinginkan) merupakan pilihan yang mungkin bagi sebagian guru-guru IGI atau bahkan saya sendiri “bingung” mau memilih yang mana, dan itu memang realistis. Apalagi saya temasuk anggota IGI yang baru beberapa bulan yang lalu.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pelatihan TOT DKI Jakarta 24-25 Desember 2016, kita bisa memilih dan mengikuti kanal-kanal yang ada sesuai dengan keinginan kita dan itu didukung oleh kita sudah bisa apa diantara kanal-kanal tersebut, misalkan kita sudah tahu sedikit tentang blog, atau pernah tahu tentang komik dan sebagainya. Atau ketertatikan kita tentang kanal tersebut walaupun kita tidak tahu sama sekali atau nol besar dan ingin mendalaminya, dan sebagainya dan sebagainya.. sehingga banyak sekali motivasi yang bisa diambil dari diri kita untuk mengambil dan memilih kanal kanal tersebut. Intinya dalam memilih kanal tersebut, harus “GW BANGET” karena dari prinsip tersebut berarti kita memantapkan diri sendiri, apa yang akan saya jadikan pada diri saya, apa yang akan saya berikan dari diri saya pada orang lain, apa yang dapat saya manfaatkan dari diri saya ,…dan seterusnya. Pokoknya timbulkan motivasi itu dari dalam diri sendiri “be your self” .

Kanal yang “GW BANGET’ tidak berarti kita tidak bisa mengikuti kanal-kanal yang lain, jangan khawatir ‘don’t worry” karena moto dari IGI yaitu “sharing dan growing together” adalah moto yang menjadi andalan, karean setiap guru-guru IGI pasti akan berbagi keahlian nya kepada kita semua. Termasuk kita yang memiliki kemampuan dan keahlian di satu kanal, maka kita juga akan berbagi dengan teman-teman guru IGI yang lain. Semangat berbagi inilah yang membuat IGI berkembang pesat.

Memilih kanal mana…pokonya GW BANGET..berbagi GW BANGET… IGI GW BANGET.
Demikian semoga bermanfaat, tulisan ini masih bersifat pendapat dan tentu masih dapat diperdebatkan, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan, saran dan usulan terhadap tulisan ini sangat terbuka dan diterima dengan senang hati.

Peserta TOT DKI Jakarta
24-25 Desember 2016
Abdul Marta Nurdin S, ST., M.Pd
Ketua Bidang Diklat IGI Kota Tangerang

Comments

comments

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here