KESEMPATAN KEDUA

0
496

Kenapa tulisan ini saya beri nama kesempatan kedua ???? yeah,,,,karena sebelumnya saya belum sempat mengikuti Training of Trainer yang diadakan di kota Surabaya yang melahirkan banyak pelatih handal di bidang kanalnya masing-masing. Akhirnya saya diberikan lagi kesempatan kedua untuk ikut Training of Coach atau Training of Trainer ke 2 yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 desember 2016 oleh Ikatan Guru Indonesia wilayah Sulawesi Selatan. Pada kegiatan Training of Coach ini berbagai materi yang diberikan yang terbagi atas dua kanal, yaitu kelas A kanal Sagusanov dan Edmodo sedangkan kelas B kanal Sagusakti dan Sagusablog. Hari pertama, para guru diberikan materi maksimalisasi S Note pada tablet A8 oleh PT. Samsung, materi ini mengajarkan kita mengenai fitur-fitur dari tablet A8 yang bisa dikatakan sangat memanjakan penggunanya, saya pribadi sering mengucapkan kata “keren” karena fitur tablet A8 memberikan kita kemudahan dalam penggunaannya misalnya menulis dengan mulut, mendesain grafik, diagram, membuat header blogger, menulis kata yang langsung terkoneksi dengan internet, dll. Dalam kegiatan ini saya memilih kelas B, yaitu kanal Sagusakti dan Sagusablog untuk menambah wawasan dalam menulis karya ilmiah dan membuat blog sendiri.

Pada kelas B, diberikan materi tentang Sagusablog (satu guru satu blog) yang dibawakan oleh kanda Basri Lahamuddin, dimana pada kesempatan ini saya menyempurnakan blog yang sebenarnya sudah pernah saya buat sendiri melalui grup online IGI Sagusablog Mr.Mung, tapi pada TOC 2 ini ada yang berbeda karena semua materi kanal menggunakan tablet A8, jadi setiap calon coach melatih membuat blog menggunakan tabletnya, walaupun sebenarnya ada kesulitan pada modul ke lima karena pada modul ini, mengedit HTML pada template blog kita, dan pada modul yang disediakan oleh Mr.Mung adalah modul yang digunakan untuk laptop. Tapi Alhamdulillah bisa di selesaikan sampai pada modul ke enam karena waktu yang disediakan tidak cukup untuk menyelesaikan modul ke sembilan.

Materi selanjutnya adalah Sagusakti (satu guru satu KTI) yang dibawakan oleh kanda Arfiany Babay, materi yang saya tunggu sejak kemarin, karena sejak pertengahan tahun 2016 ini, saya mulai berkarya lewat tulisan dan mengikuti berbagai lomba, Alhamdulillah sudah bisa sampai ke bimtek lomba walaupun masih tertunda sampai ke final sehingga materi Sagusakti dan trik-trik lomba dari kanda Arfiany Babay sangat diharapkan.

Satu hal yang selalu membuat saya terkesan dengan Ikatan Guru Indonesia sejak saya mengenalnya dari tahun 2010, adalah kehangatan persahabatan teman-teman dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia dan mottonya Sharing and Growing Together, karena Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi profesi guru pertama yang sangat memperhatikan kompetensi guru, selama saya mengajar sejak tahun 2005, belum ada organisasi profesi yang ingin membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya dan tentunya memajukan Pendidikan di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia baik melalui berbagai workshop yang telah dilaksanakan pada Roadshow IGI Sulawesi Selatan maupun pada kegiatan TOC ke 2 ini, membantu saya dalam meningkatkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang teknologi, dan tentunya memajukan Pendidikan di Indonesia karena menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran.

Terima kasih IGIers di seluruh Indonesia, terima kasih IGI,,,,,,,,,,,,,,,,

Pangkep, Sulawesi Selatan
Di ujung malam pergantian tahun 2016

Mukarrama Ismail
Bendahara IGI Pangkep

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here