IGI Kutai Timur Gelar TOC

0
609

Hari pertama training of coach (TOC) Ikatan Guru Indonesia cabang Kabupaten Kutai Timur berawal pada hari Senin, tanggal 26 Desember 2016 dimulai tanpa pembukaan seremonial pejabat ini diikuti oleh 27 peserta dari 30 peserta yang terdaftar di meja panitia. Tiga orang peserta yang tidak bisa hadir dikarenakan ada keperluan mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan pada hari pertama.

Kegiatan TOC tersebut dipusatkan di SMP YPPSB yang merupakan salah satu sekolah milik perusahaan di PT Kaltim Prima Coal Sangatta -Kutai Timur ini dimulai dengan materi optimalisasi tablet dalam media pembelajaran yang disampaikan oleh master trainer nasional Ikatan Guru Indonesia Sismanto HS. Pada materi optimalisasi tablet dalam media pembelajaran tersebut, Sismanto HS mengungkap secara detail tentang spesifikasi tablet samsung A8 dengan berbagai fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh tablet lainnya.

Namun demikian, mengingat peserta yang tidak semuanya membawa dan memiliki tablet Samsung A8, Sismanto HS mengungkapkan ada beberapa padanan aplikasi yang mirip meskipun kurang support terhadap tablet, diantaranya adalah menulis di papan tulis dengan tangan adalah Google Handwriting Input, Handwriting, FiiNote, dan The MyScript Collection.

Materi berikutnya yang disampaikan oleh Sismanto HS berkaitan dengan mirroring, yaitu sebuah cara untuk menampilkan suatu device ke divice yang lain. Bila menggunakan tablet atau hp yang memiliki fitur semat view, maka ketika alat EZCast, AnyCast, MiraCast, dan GoogleChroom Cast tersambung dengan infocus, maka cukup menyentuh fitur Smart View tersebut.

Namun bagi HP maupun tablet yang tidak memiliki fitur Smart View, Sismanto HS memberikan alternatif sebagaimana yang dilakukan guru-guru dalam melakukan presentasi dari laptop ke infocus menggunakan teamviewer. Caranya infocus disambung dengan laptop, pada laptop kemudian diinstall aplikasi teamviewer begitu juga di HP maupun tablet juga di instal aplikasi teamviewer dari play store. Sehingga fungsi HP maupun tablet disini sebagai remote control dari laptop yang tersambung dengan infocus.

Materi berikutnya disambung oleh Imam Wahyudi, M. Pd yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum Ikatan Guru Indonesia Regional Kalimantan dengan materi google app. Pada materi ini, Gus Imam begitu akrab disapa mengupas secara detail tentang aplikasi-aplikasi google yang tidak banyak digunakan oleh guru dalam media pembelajaran diantaranya adalah fasilitas google drive, penyimpanan foto atau dikenal dengan google photo, dan materi-materi lain yang berkaitan dengan google educator. Pada kesempatan tersebut, para peserta TOC melakukan pelatihan dengan mendapatkan fasilitas akun igikutim.net dengan storage unlimited.

Sesi kedua setelah makan siang, Sismanto HS turun gelanggang lagi dengan memberi materi voice to text dan text to voice beberapa aplikasi dikemukakan oleh Sismanto HS diantaranya adalah fasilitas voice to text misalnya pada noted, colornote, sms, whatsapp facebook dan aplikasi-aplikasi lain bisa menggunakan fasilitas ini. Sementara aplikasi text to voice disampaikan dengan menggunakan aplikas voicei Aloud reader. Pada akhir kesempatan materi pada hari pertama, Imam Wahyudi menutup dengan materi overview ikatan guru indonesia, sejarah pembentukan, legalitas, dan program-program populis IGI dan juga pentingnya pembentukan IGMP Ikatan Guru Mata Pelajaran.

*Sismanto HS

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here