TIDAK RUGI IKUT TOC

0
534

Marya Heldayantie S.Pd AUD.

Banjarbaru, Kalsel

TOC (Training of coach) yang di selenggarakan oleh IGI Kalimanatan Selatan ini membuat saya banyak belajar dan banyak pengalaman yang di dapat di kegiatan ini. Selama kurang lebih bersama di penginapan LPMP banjarbaru ini menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang hangat dalam silaturahim .Bagi yang pertama kali menginap di LPMP ini merasa heran diawal kedatangan nya karna ada beberapa teman2 IGI dari kabupaten tanah Bumbu yang datang magrib bingung mencari tempat tuk regestrasinya.karna kami berasal dari tuan rumah IGI banjarbaru maka dg sok kenal sok dekat kami memperkenalkan diri dan membantu teman-teman peserta yang baru toba di tempat kegiayan TOC ini.

Walau sebenarnya saat itu kami IGI kota banjarbaru baru saja selesai mengadakan pelantikan pengurus IGI Banjarbaru resafel dan sekaligus mengadakan seminar bersama staabilo untuk guru canggih.di sana di buka kegiatan oleh Walikota Banjarbaru dan dihadiri ketua DPRD dan Dinas Pendidikan kota Banjarbaru yang semua nya beliau-beliau menggenakan pakaian baju IGI..ini merupakan kebanggan bagi kami bahwa pejabat di Banjarbaru memakai baju IGI.

Walau lelah dan haus kami tetap semangat lanjutkan kegiatan ke LPMP tuk kegiatan TOC ini. Berawal masuk ke parkiran LPMP kami bertemu dengan ketua pelaksana kegiatan TOC ini yaitu Bpk Arbain. beliau sangat santun dan berwibawa menyapa kami yang terlihat kami lelah. Muncul kembali semangat kami untuk ikuti kegiatan ini. Dan kami jg bertemu dg bpk Kamal dan sekjen IGI Kalsel Bp. Hadi. Atas permintaan Bp. Hadi sy diminta tuk menjadi pembawa acara dalam pembukaan dan penutupan kegiatan TOC di LPMP ini. Awal nya saya hampir menolak untuk menjadi MC di kegiatan ini karna saya khawatir tidak baik membawa kan nya .namun dengan dorongan semangat teman2 IGI saya Ok Kan .karna kita berpikiran seperti ini ” kalau kita bisa dan mampu .kenapa tidak kita bantu dan kita coba ”

Walaupun juga ada kekhawatiran saya karna sampai saat ini belum memiliki baju seragam IGI untuk wanita .Sempat beli tp ternyata itu untuk baju laki laki, jadi malu deh.

Ketika selesai regetrasi di satpam dalam kami sempat berkenalan satu sama lain dengan anggota IGI sebagai peserta yangg berbagai daerah ini. Saya bertemu dengan ibu guru dari Tanbu (tanah Bumbu angsana), sempat kaget karna nama beliau Eko…tadinya saya kira saya sekamar dengan laki2.Sempat kaget dan merasa pegawai LPMP ini mulai error meletakkan. Saya satu kamar dengan laki-laki yang bernama Eko. ternyata beliau perempuan dan guru SMP N 1 Angsana.

Di sini pun saya minder lagi karna ternyata mereka berasal dari guru SMP sedangkan saya seorang guru TK (Taman Kanak-kanak). Disini pun dapat pelajaran baru untuk saya bahwa kita tidak boleh minder atau rendah diri bersama orang yang mungkin menurut kita lebih tinggi jabatan nya atau kedudukannya. Kita adalah sama. Kita adalah guru. Kita adalah pendidik dan mendidik anak bangsa tuk cerdaskan mereka tuk kebaikan mereka kelak dan untuk nusa bangsa .negara kita yang tercinta ini. Karna ditangan kita lah nasib bangsa di tentukan. Maka dalam hati saya .kita bekerja ,kita mengajar anak didik sesuai jenjang kita empu. Biar lah kita meengajar tk umting jenjang anak usia dini dan mereka di SMP tuk jenjang menengah. Satu yang pasti.”bekerja ikhlas sepenuh hati”

Sekamar tinggal beberapa hari dengan teman baru ternyata banyak pengalaman dan cerita inspiratif . Kami bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman . Seru deh
Keeakraban itu berlanjut di meja makan, ketika makan malam bersama dengan seluruh peserta .makan malam yang luar biasa.saat itu di sediakan sop kimlo hangat disuasana hujan deras.ada juga perkedel kentang dan ikan hangat.hemmm…menambah kehangatan.

Selesai makan malam kami yang sudah dandan ,bergabung di salah satu aula di LPMP ini (karna banyak aula di LPMP) maka kami sempat salam sapa ramah hangat dengan peserta maka di mulai lah acara pembukaan acara TOC ini.Dengan membuka dan membaca Bismillah dibuka lah acara ini oleh Bpk. mampuono dari Jakarta.Bapak yang satu ini luar biasa..cerdas.wawasan luas dan karismatik

Dalam keakraban hangat walau masih dingin dan hujan rintik kami terus selesaikan acara pembukaan ini.wah…pengalaman lagi untuk saya sebangai MC nya nih.
Ke esokkan hari nya dilanjutkan lagi kegiatan ini dengan berbagai materi .pada kegiatan sore ada materi dari kepala LPMP Bpk kamil tentang kurikulum.Banyak hal yang di dapat selama kegiatan TOC ini.pemateri juga memberikan banak hal baru untuk kami peserta.

Ada hal yang berkesan di hati masing masing peserta, ada penyampaian dari Pak Arif yang sempat membuat peserta terpukau.beliau punya stail sendiri yang berbeda . Pak Arif adalah salah satu pegawai LPMP yang juga sebagai salahsatu pemateri yang energik dan pemikiran nya luas namun semangat mengajarnya dan cara bercanda nya berbeda.

Beliau katanya pernah mengajar. Dari jenjang TK.SD.SMP.SMK.SMA dan Fakultas.wah..hebat beliau pernah menjalani semua.kami diajak berkelompok untuk membahas kurikulum sesuai jenjang pendidikan .menarik dan inspiratif penyampaian beliau.

Begitu juga materi yang disampaikan oleh bu Baiti Banjarmasin. bpk Hadi. Semua menarik. Ada juga materi dari Pak Yoel dari tanah bumbu dan bu Husnul banjarbaru yang menyampaikan tentang penggunaan internet dan cara membuka dan operasiannya.

Ini hal baru untuk saya.banyak hal yang menjadi pengetahuan baru kami dapat.dengan mengunakan tablet samsung A8 ternyata banyak hal yang bisa kita buat. Seperti pembuatan komik dan bangaimana membuat seakan akan gambar yang ada bisa bebicara dengan tulisan .Ternyata ini maksud nya membaca dengan telinga dan menulis.

Keakraban terus berlangsung dalam beberapa hari itu.teman teman yang sudah paham mengunakan program di samsung A8 mau berbagi pengalaman dan ilmu nya kepada kami yang masih belum paham.ternyata kata tidak paham,dengan belum paham,itu berbeda arti nya yaa
Saat itu kami peserta bisa gunakan laptop ataupun HP android yang sehari hari kami bawa ini untuk mengikuti pembelajaran di TOC ini. Ternyata HP yang kami pakai selama ini sangat bermanfaat mengolah data dan mencari informasi juga untuk memudahkan pekerjaaan kita sehari hari. Betul kata teman teman.jangan jadul. Benar kata motivator IGI yaitu Bpk Mampuono..kita jangan menjadi orang terakhir yang mengunakan IT. Jangan malu belajar.

Luar biasa kegiatan ini. TOC (Trainer Of Coach) ini adalah angkatan pertama dan nanti akan ada angkatan berikut nya. Ini adalah kegiatan yang di tujukan untuk menjadi trainer ke daerah kabupaten kota se kalimantan. Tentu saja dengan meningkatkan pengetahuan sehingga diharapkan bisa mengaplikasikannya nanti.

Terimakasih untuk semua pihak yang membantu kegiatan TOC ini .terutama kepada IGI kalimantan selatan . Dengan kegiatan ini akan muncul tunas tunas muda yang kreatif dlam wadah katan Guru Indonesia. Dalam keragaman suku .bahasa.agama kami dalam kebersamaan yang hangat dan persaudaran kami jalani kegiatan TOC ini.semangat kebersamaan.saling berbagi ilmu pengetahuan dan saling mendukung ,semua tarasa indahnya. Kami akan kangen satu sama lain.

Terimakasih sudah dibuatkan group di WA untuk kami peserta TOC pertama. Sehingga kami bisa saling berkomunikasi dan berbagi pengetahuan dan informasi .terimakasih IGi Kalsel.Terimakasih semua .kami banyak tau.kami tambah saudara.kami menemukan hal-hal baru.semoga semua menjadi kebaikan dan ladang amal buat kita semua. Jayalah Ikatan Guru Indonesia !

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here