SADAR 95: VISUALISASI MENUNTUN JARI

0
127

Dalam salahsatu buku Best Seller Quantum Learning dijelaskan bahwa kita memiliki setidaknya 3 Gaya Belajar, Visual, Auditorik dan Kinestetik. Beberapa referensi lainnya menambahkan menjadi Gaya Belajar Global dan Analitik. Ciri-ciri dari gaya belajar tersebut memiliki khas tersendiri yang pada akhirnya bermuara pada bagaimana pencapaian kecakapan seseorang terakselarasi jika memahami gaya belajar. Orang visual biasanya sangat fokus pada bacaannya tanpa terganggu suara yang datang, imajinasi bacaannya melampaui suasana sedang berlangsung. Sementara pembelajar auditorik sangat terbantu dengan penjelasan verbal, kurang senang membaca karena lebih memahami penjelasan dari seseorang secara detil. Pembelajar kinestetik mudah memahami sesuatu melalui hands on, penjelasan yang disertai dengan gerakan langsung.

Video tutorial salah satu media yang memudahkan dalam pembelajaran. Video tutorial sangat membantu ketiga gaya belajar di atas, mengintegrasikan ketiga gaya belajar di atas dalam satu tayangan yang singkat, padat dan jelas. Pembelajar visual terbantu dengan anotasi pada video. Penjelasan narator pada video juga sangat membantu pembelajar auditorik serta gerakan tutorial oleh creator video sangat membantu pembelajar kinestetik untuk mengikuti langkah-langkah visualisasi pembelajaran. Bahkan pembelajar dengan gaya analitik dapat menonton tayangan sambil menganalisis fenomena atau konsep pembelajaran dari konten video.

Guru dan banyak pembelajar sesungguhnya sangat terbantu dengan hadirnya kanal-kanal video tutorial di youtube, baik yang sifatnya tutorial teknologi sampai langkah-langkah membina karakter siswa. Video tutorial edukasi harus digalakkan di dunia maya seiring dengan remaja milenial yang menggandrungi konten youtube yang kurang edukatif semisal prank dan sejenisnya. Remaja milenial sesungguhnya tidak terlalu bersalah, karena guru masih jarang mengupload video edukasi yang bermanfaat dan memikat pelajar.

Selain berguna membantu sebagai media pembelajaran, video tutorial dapat juga diinsersi pada buku digital, sehingga buku digital lebih interaktif dan berdaya guna lebih mengarahkan isi bacaan secara praktikal. SADAR 95 mempersembahkan proses pembuatan video tutorial mudah dan praktis, menghadirkan narasumber yang cakap dalam pembuatan video tutorial, Bapak *Subhan S.Pd., MM* dari SMPN 1 Depok Jawa Barat, dipandu oleh Guru SDN No. 205/11 Bangun Harjo Jambi, Bapak *Arif Arba’i, S.Pd*.

Bergegaslah segera masuk room pada Rabu tanggal 17 Juli 2019 mulai pukul 19.30 WIB. Ambillah kursi lebih cepat dari jam tersebut, karena pada SADAR edisi lalu banyak pemirsa yang gagal masuk berhubung kursi di dalam room sudah terpenuhi lebih dari 240 audience. Saya sendiri bahkan harus menatap nanar saat ditolak dan harus berdiri di luar room karena telat masuk room. Kadang WebEx begitu tega, mereka tidak kenal koordinator SADAR IGI 😅.

Mari berdiskusi bersama kami, arahkan jari anda menari di komputer mengikuti tutorial dalam tayangan nanti. Begabung dengan cara :

Masuk room lewat www.webex.com atau bit.ly/SADAR-95
Meeting Number 579 616 415
Password 12345

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments