Sadar 76: Pesan Artistik

0
171

Pembelajaran kekinian tidak hanya menuntut guru berdiri depan kelas, menjelaskan pelajarannya, atau menyiapkan slide presentasi untuk membantu penyampaian pelajaran. Banyak inovasi yang bisa dilakukan oleh guru sehingga bisa disimpan abadi oleh siswa, misalnya buku digital dan video pembelajaran berbasis screen capturing maupun video outdoor yang kemudian dikemas menjadi sesuatu menarik sebagai media pembelajaran.

Bukan hanya itu, menyiapkan media pembelajaran dulunya kerap dibuat oleh guru. Namun pada pembelajaran _higher order thinking skills_, peserta didik diajak untuk mengkreasi output pembelajaran, sehingga hasil belajar sangat bermakna melalui proyek yang mereka kreasikan. Salahsatu proyek itu berbentuk video pembelajaran yang bisa di-share sesama kelompok siswa, menjadi dokumentasi bagi guru, bahkan lebih luas bisa di-share di media sosial.

Banyak tool untuk membuat video pembelajaran, sebut saja SOM, Camtasia, serta yang punya fitur edit video yang indah, seperti filmora. Melalui filmora, video pembelajaran bisa diedit dengan sangat menakjubkan. Banyak dari kita meski kontennya sangat bermanfaat, namun terasa garing saat ditonton jika tidak memiliki nilai artistik. Mengedit video melalui filmora membuat video pembelajaran lebih indah dan bermakna, penyampaian pesan menjadi mengesankan. Insert musik yang seimbang mendorong pikiran tetap fokus, teks yang mendukung membuat tampilan menjadi luwes.

Sadar IGI edisi 76 menghadirkan Pak *Rudi Nofindra* dari SMK Negeri 3 Kota Bengkulu yang memiliki kemampuan expert mengedit video menjadi tayangan memikat. Pak Rudi didampingi guru kreatif dari SMK Negeri 3 juga, tapi dari Batam Kepri, sekaligus Sekretaris IGI Wilayah Kepri, bu Dewi Kinasih akan menemani kita semua menuntun step by step editing Video dan Audio sehingga menjadi produk pembelajaran bermanfaat. Pesan artistik melalui video membuat pembelajaran sangat menyenangkan.

Kami tunggu kehadiran bapak ibu ke ruang belajar kami secara video conference, gratis, bisa santai-santai, bisa ngemil kacang rebus sambil ngopi susu dengan cara mengakses :

www.webex.com
Number meeting 577 348 491
Password 12345

SADAR IGI Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Jakarta, 20 November 2018
Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

SADAR IGI
Kerjasama IGI – SEAMEO – SEAMOLEC

Comments

comments