SAATNYA BANGUN

0
579

Sri Butsiningsih, S.Pd

(Guru SDN 02 Sungai Melayu Rayak, Ketapang,Kalbar)

Menjadi guru adalah pekerjaan yang menyenangkan bagiku, karena merupakan cita- citaku dari kecil. Apalagi setelah diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN ) membuat semangatku semakin membara dan berkobar – kobar dalam menjalankan tugasku sebagai tenaga pendidik.

Setiap jam kerja, kulaksanakan tugasku semaksimal mungkin dalam mencerdaskan kehidupan generasi penerus bangsa. Kudidik mereka dengan ilmu yang telah kudapat. Di luar jam mengajar, pada kegiatan ekstrakulikuler kubagikan seluruh keterampilanku ,malam pun terkadang ada beberapa anak yang ku minta datang ke rumah untuk belajar tambahan. bahkan saking semangatnya kesehatanku tidak lagi kupikrkan.

Seiring berjalannya waktu saya merasa ada kekurangan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan. Semangat boleh saja tetapi harus di imbangi dengan zaman era globalisasi sekarang. Satu kekurangan saya dalam mengajar yaitu belum memanfaatkan perkembangan IT yang ada, karna saya malas menyentuh computer dan laptop karna malas, kecuali kalau ada tugas membuat soal MID Semester atau Ulangan Umum.

Saya sendiri mulai bosan dengan metode mengajar yang saya lakukan selama ini. Saya mulai membekali diri dengan ikut dalam pelatihan dan kegiatan – kegiatan. Ketika saya mengikuti kegiatan IGI disinalah saya merasa pertanyaan- pertanyaan yang ada di benak saya selama ini terjawab . Pertama kali mengikuti kegiatan IGI di Hotei Haris Pontianak saya merasa kekurangan waktu karna kegiatannya sungguh luar biasa dan menyenangkan. Kemudian di lanjutkan kegiatan Training OF Coach ( TOC ) yang di laksanakan pada tanggal 19 – 20 Desember di Center Samsung Pontianak. Kegiatan ini sangat memotivasi “ SAATNYA BANGUN “ dari kemalasan saya selama ini untuk menggunakan IT dalam pembelajaran .

kegiatan TOC saya ikuti dengan sungguh – sungguh walaupun terkadang saya terlambat dalam menerima materi pembelajarannya.Toleran dan bimbingan dari teman –teman IGI Ketapang sungguh luar biasa dalam memotivasi dan membimbing saya. Pembelajaran demi pembelajaran yang di berikan oleh trainer nasional Bapak Abdul Karim saya ikuti. Saya merasa kekurangan waktu lagi dalam mengikuti kegitan ini karna hanya disediakan waktu 2 hari. Tapi bersyukur karna bisa mengikutinya dan telah menjadi anggota IGI.Ada kebanggan tersendiri di dalam hati ini setelah mengikuti kegiatan ini.Saya sangat tertarik dengan materi Pembuatan komik Pembelajaran.

Di rumah saya terus mengulang pembelajaran yang telah saya terima waktu TOC. Saya merasa gebrakan kegiatan – kegiatan seperti inilah yang diinginkan , diharapkan, dan di tunggu –tunggu oleh para guru. Semoga ke depannya IGI lebih maju dalam menjalankan visi misinya sehingga para guru dapat berkarya lebih baik lagi dalam meningkatkat kompetensinya dalam mencerdaskan pendidikan di Indonesia sehingga Negara kita bisa bersaing dengan Negara- Negara lain. Mari teman – teman guru saatnya kita bangun dari zona nyaman dan malas kita untuk berkarya yang lebih lagi . Akhir kata majulah terus pendidikan di Negeri tercintaku Indonesia.

Terima kasih banyak untuk IGI dan Samsung.
Salam Literasi.

Ketapang, 27 Desember 2016
Peserta TOC,

SRI BUTSININGSIH, S.Pd

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here