INOVASI SELEKSI PESERTA TOT LITERASI IGI

0
961

TOT Literasi productive di LPMP diikuti 150 peserta yang terdiri dari peserta utama 80 orang dan sisanya adalah peserta mandiri.Dalam hal ini penulis adalah peserta utama yang dibiayai oleh PP.Dari Berbagai jenis workshop TOT yang telah diselenggara baik oleh pemerintah ataupun lembaga pendidikan  serta organisasi pendidik yang lain.Banyak pengalaman yang penulis rasakan dalam mengikuti pelatihan dengan Trainer yang tidak kompeten sebagai trainer.jika dibidang pengetahuanya bagus namun kurang dari segi penyampaian dan performancenya. Namun tidak mustahil pula baik dibidang performance,pengetahuanya namun kurang mampu menerapkan pembelajaran andragogy yang dalam hal ini hanya berlaku untuk  pendidikan orang dewasa. Dari latar belakang kesenjangan itulah  IGI Merubah paradigm yang ada ,mencetak trainer yang tidak hanya cerdas dan pandai tetapi Trainer yang Hebat baik segi pengetahuan maupun segi ketrampilan yang mampu presentasi dengan memukau karena sebelum terpilih menjadi trainer ,peserta TOT telah diseleksi melalui video dalam presentasi metrainer untuk workshop  yang dikirim peserta sebagai bahan seleksi peserta agar mampu melahirkan generasi generasi yang kompeten dalam satu kesatuan Ketrampilanya.

Peserta TOT LITERASI Productive bukan sembarang Guru .Calon Peserta TOT  harus melakukan beberapa tahapan seleksi untuk bisa terpilih mengikuti TOT LITERASI  ini. dimulai dari pengiriman karya tulis ,yang selanjutnya diseleksi oleh panitia, kirim video dalam memberikan workshop  pelatihan,Brand peserta,TOR Peserta,serta Surat pernyataan siap melatih.Disinilah terlihat betapa IGI telah mempersiapkan kadernya dimasa yang akan datang dengan teliti terprogram tepat dan terlatih.Alhamdulillah penulis adalah peserta Utama dalam pelatihan ini.dengan penuh semangat optimis penulis mengikuti TOT  di LPMP Jawa timur mulai tgl 6-9 september 2016.Tidak hanya pengetahuan Guru yang menjadi Tolak ukur pemilihan peserta, namun penilaian ketrampilan melalui video yang dikirim dalam melatih workshop. Karya tulis ilmiah yang harus dikirim harus orisinil,innovative dan memenuhi kriteria Penulisan karya tulis ilmiah yang baik ,tidak semua orang bisa menjadi utusan Peserta TOT ,Melainkan Guru yang kompeten dibidangnya masing masing.Guru guru yang berprestasi dalam segala aspek Lomba yang diselenggarakan kem dik bud.Dari sinilah  TOT IGI terbentuk dengan program nya melatih satu juta Guru menulis . TOT Literasi adalah TOT yang pemilihan peserta dengan sederetan seleksi yang tidak muda bisa dicapai ,hal ini sepengetahuan penulis pertama kalinya dilakukan ,dan  IGI yang melaksanakan Inovasi perbaikan pemilihan trainer dengan seksama ,dengan adil,dan tepat .Kegiatan ini diprakarsai  oleh IGI  untuk meningkatkan kompetensi Trainer guru dibidang Literasi.IGI telah mempersiapkan Guru guru yang kompeten untuk disiapkan menjadi trainer agar satu juta guru terlatih untuk menulis .Namun tidak semua Guru yang mendaftar bisa ikut terpilih, Hal ini dikarenakan ketatnya persyaratan yang harus dipenuhi Guru yang terpilih menjadi trainer Literasi.Hal ini menunjukan bahwa IGI sangat selective dan terorganisir dengan baik.

Brand individu masing masing trainer dapat ditemukan.Brand individu adalah ciri kas ,keahlian,serta dasar ketrampilan yang dimiliki calon peserta TOT. dalam kegiatan TOT produktif ini,Rencana Kegiatan TOR masing masing peserta juga harus dikirim sebelum peserta mengikuti pelatihan.Adakah hal ini di lakukan dari workshop TOT yang lain?…jawbnya belum ada sebelumnya. IGI telah melakukan Inovasi yang gemilang untuk memilih dan memilah peserta TOT sesuai dengan kwalitas peserta . Keberhasilan sebuah workshop ditentukan kemampuan trainernya maka yang dilakukan IGI adalah terobosan terbaru yang innovative untuk perkembangan pendidikan dimasa yang akan datang .

IGI bukan sembarang organisasi profesi guru.IGI selalu terdepan dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan Inovasi inovasi Baru Yang sungguh mengagumkan.Guru guru IGI adalah guru yang berprestasi dibidangnya dalam berbagai event,Guru  yang termotivasi untuk maju dengan Semangat untuk belajar yang selalu siap  untuk meningkatkan Anak didik dimasa  yang akan datang. Begitu banyak workshop ,pelatihan yang diprakarsai IGI demi meningkatkan profesionalisme guru.  Pendidikan yang dilakukan oleh guru adalah mempersiapkan masa depan siswa 100 tahun kedepan,dan IGI yang memperhatikan persiapan untuk hal ini dengan berbagai inovasinya menuju yeng terbaik.

Pelatihan TOT Literasi Productive yang dilakukan IGI Sungguh Luar biasa ,lain dari yang lain,peserta akan diberikan sertifikat jika telah mengirimkan tugasnya .Di TOT ini Berbagai ragam pelatihan diberikan,mulai dari komik Elektrik untuk pembelajaran, draw cartoon 2, Sagusatab, sagusanov, Sagusaka, dst.Tablet A8 menemani kami dalam mengikuti pelatihan , pihak Samsung dengan sabarnya memberikan materinya seputar pengoperasian Tablet A8 dalam pembelajaran. TOT productive ini tidak hanya mengenalkan Pembelajaran berbasis IT yang harus dilaksanakan guru ,namun berbagai pengalaman, pelatihan,ketrampilan telah kami dapatkan dalam TOT ini. Inoasi pelatihan semacam ini belum ada.Semoga kedepanya IGI akan melakukan   Terobosan terobosan baru yang lebih innovative demi memajukan pendidikan di Indonesia.

 

Salam IGIERS

Lilik Masrukhah,M.Pd

IGI Sidoarjo

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here