IGI Cetak 132 Pelatih, 14 Master Trainer Literasi, dan Para Motivator Penggerak Guru Pembelajar

0
1961

Sebagai bentuk komitmen Ikatan Guru Indonesia dalam mendorong peningkatan kompetensi guru, PP IGI telah meluncurkan Program Satu Juta Guru Terlatih Literasi Produktif Berbasis IT yang akan dicapai dalam waktu 5 tahun. Saat ini sudah 100.000-an lebih guru telah dilatih literasi produktif berbasis IT oleh para fasilitator IGI. Fasilitator ini berasal dari guru-guru inovator di bidang IT; Mampuono, Abdul Karim, Abdul Kholik, Elyas, Dahli Ahmad dan lain-lain. Mereka telah berkeliling ke pelosok negeri melatih guru-guru di Nusantara. Namun, untuk mencapai target satu juta guru tersebut tidak cukup dengan mengandalkan mereka saja.

literasi-produktif-ramli-rahim Ikatan Guru Indonesia telah menyelesaikan Training of Trainers (TOT) Literasi Produktif  Berbasis IT Angkatan I pada tanggal 6 s.d. 9 Oktober 2016 di Gedung LPMP Jawa Timur, Kota Surabaya. Kegiatan yang disupport oleh Dirjend GTK Kemdikbud, LPMP Surabaya, Samsung, dan Garuda Indonesia ini sukses melahirkan pelatih-pelatih baru yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Para Master Trainer telah sukses “menggandakan dirinya” menjadi 142 guru pelatih yang siap diterjunkan melatih guru-guru di Nusantara, meningkatkan mutu pembelajaran menjadi lebih baik.

Saat ini para pelatih dan master trainer tersebut selalu terhubung dalam komunikasi via online dalam group-group telegram dan Whatsapp sesuai kanalnya masing-masing. Walaupun TOT telah berakhir, tak ada kata berhenti untuk belajar. Para pelatih dituntut untuk bisa menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran baru, mengembangkan keahliannya, dan saling sharing informasiinformasi baru.

Selain 146 pelatih tersebut, masih ada Muhammad Ramli Rahim (Ketum IGI), Bu Rose (Ketua Harian IGI), Gusti Surian (Bendahara Umum IGI) yang siap memasuki berbagai lini untuk memotivasi, penyemangat dan penggerak guru-guru untuk maju bersama, merubah mindset guru untuk menjadi guru pembelajar. Para senior IGI; Pak Ahmad Rizali, Pak Satria Dharma, Pak Muhammad Ihsan, Gatot HP, Mas Habe, Mas Sururi Azis, Bagiono, Indra Djati Sidi, juga siap diterjunkan di berbagai pelosok nusantara meningkatkan kualitas guru-guru demi pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Kini, respon positif telah disampaikan berbagai pihak; instansi pemerintah, swasta dan perusahaan telah siap mendukung. Dirjen GTK Kemdikbud, Kementerian Agama, Kementerian ESDM, KPK, Samsung, Casio, Indosat Ooredoo, BPBD Sawit, Casio, Data Scrip, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian dan lain-lain.

Ikatan Guru Indonesia telah membuktikan, walaupun tanpa ada iuran anggota dan tanpa ada “pungli” ke guru-guru, kita bisa meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran guru menjadi lebih kreatif dan menyenangkan. Saatnya berhenti mengutuk kegelapan, saatnya berhenti mengeluh, dan saatnya guru-guru mengubah dirinya sendiri, dan mengubah paradigma pembelajarannya.

Motto “Sharing and Growing Together”, berbagi dan tumbuh bersama, akan selalu menjiwai seluruh kegiatan Ikatan Guru Indonesia.

Banjarmasin, 27 Oktober 2016

Abdul Halim

Wasekjen Literasi dan Publikasi Karya Guru

PP Ikatan Guru Indonesia

http://www.igi.or.id/inilah-132-pelatih-14-master-trainer-dan-11-motivator-igi.html

Inilah 132 Pelatih, 14 Master Trainer Literasi, dan 11 Motivator IGI

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here