ASYIKNYA PAKAI TAB A8 FASILITASI GURU PEMBELAJAR

0
889


Selama 6 hari Diklat Guru Pembelajar Moda Tatap Muka di Parepare, ada bisik-bisik peserta di ruang B kelas tinggi. Bisik-bisik itu setelah saya telusuri dan selidiki ternyata bahan bisik-bisiknya itu adalah saya. Saya sebagai salah satu Instruktur pada kegiatan tersebut menjadi bahan bisik-bisik tadi.

Diklat yang dilaksanakan di Aula SMP 4 Parepare itu, khusus di ruang B Kelas Tinggi tadi diikuti oleh 30 guru SD, tiga di antaranya adalah kepala sekolah. Mereka memang sempat saya buat tercengang dengan fasilitas Tab 8A yang saya gunakan untuk memfasilitasi mereka. Hari pertama mereka sudah “kaget” dengan Infocus yang sudah menampilkan slide presentasi tanpa sambungan kabel. Lebih heboh lagi tatkala mereka tahu bahwa fasilitas itu dari tablet A8 yang saya bawa sambil berjalan-jalan di antara meja mereka. Itulah awal saya menjadi bahan bisik-bisik mereka.

Sejak tanggal 24 Oktober sampai 29 Oktober 2016 pelaksanaan diklat tersebut, setiap harinya ada saja hal baru yang saya perlihatkan kepada para peserta berkenaan kecanggihan tab A8. Hampir semua saya sajikan materi diklat dengan A8 itu. Akhirnya beberapa teman peserta diklat secara langsung bertanya tentang A8 dan tentu saja juga tentang IGI. Membuat para peserta diklat percaya atas kemampuan instrukturnya membuat diklat berjalan dengan kondusif. 

Modul kompetensi I dan J yang membahas tentang TIK dan PTK adalah bahan yang sangat tepat untuk membuat mereka “tercengang” dengan pemanfaatan Tab A8 tersebut. Asyik juga memfasilitasi mereka dengan Tab A8. Berbagai fasilitas dan keunggulan tab tersebut dengan laptop yang para peserta punya, tentu membawa mereka berpendapat “memang pantas dia menjadi instruktur”. Pendapat itulah yang ramai dibicarakan di antara mereka saat mengerjakan tugas, selanjutnya menjadi bahan bisisk-bisik peserta.

Salah satu  materi yang membuat peserta kagum, tatkala mereka harus membuat rencana judul PTK. Fasilitas tab A8 “menulis dengan mulut” (istilah pak Mampuono) membuat mereka lebih kagum lagi. Saya hanya mendekatkan tab A8 tersebut lalu mereka menyebutkan judul PTK nya, maka judul tersebut sudah bisa dibaca seluruh teman peserta karena sudah tertulis dan terlihat di infocus. 

Guru Pembelajar maksudnya adalah guru yang selalu mau belajar dan tidak tertinggal. Salah satu bukti kita sebagai guru pembelajar adalah selalu mencari informasi yang aktual dan selalu update diri. Fasilitas mengajar juga harus terus ditingkatkan agar sebagai guru tidak ketinggalan. Sekarang saya telah memakai Tablet A8 ini untuk menfasilitasi bapak ibu dan juga saat saya belajar, itu bukti saya selalu belajar. Tentu bapak ibu juga bisa juga, asal ada kemauan. Insya Allah kalau kita selalu belajar, anak didik kita pasti bangga kepada kita sebagai gurunya. Perlihatkan kepada mereka, bahwa gurunya pintar dan mampu memberikan yang terbaik, seperi jika bapak ibu telah mampu mengajar dengan menggunakan Tab A8 ini, yakin bahwa siswa kita akan tercengang dan kagum kepada gurunya. Demikianlah kata-kata penutup saya pada diklat tersebut. 
M. Syukur Salman

Ketua IGI Kota Parepare

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here