Workshop Google for Education IGI Kota Kediri, Jawa Timur

0
244

Workshop Google for Education IGI Kota Kediri, Jawa Timur
Moh. Kusen
Ketua Daerah IGI Kota Kediri

Peran teknologi di bidang pendidikan merupakan hall yang tak lagi bisa dihindarkan. Kondisi faktual bahwa para siswa di zaman sekarang sudah tumbuh dan berkembang seiring dengan canggihnya teknologi menempatkan kondisi guru untuk harus selalu update kemampuannya, utamanya dibidang teknologi.

Namun situasi tersebut belum serta merta membuat semua guru menempatkan perannya untuk terus menempa dirinya dalam rangka meningkatkan kualitas diri para guru. Muncul berbagai argumentasi kenapa kemudian peningkatan kualitas guru dibidang IT belum bisa optimal. Faktor usia para guru dan ketidaktertarikan para guru akan IT adalah sebagian kecil alasan kenapa peningkatan kemampuan guru dibidang IT masih belum optimal.

Merespon hal tersebut, IGI Kota Kediri bersama dengan Google Educator Group Surabaya melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru di bidang IT dengan kemasan kegiatan Google for Education. pemateri kegiatan ini adalah Budi Santosa, S.T sebagai leader of Google Educator group Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksakan di Aula Kampus Universitas Islam Kediri pada tanggal 8-9 Desember 2018.

Peserta kegiatan ini secara keseluruhan berjumlah 52 orang berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari SMP/MTs, SMA dan SMK bahkan juga dosen. Yang menarik perhatian panitia kegiatan Google for Education, Moh. Kusen, selaku ketua IGI Kota Kediri adalah bahwa peserta justru kebanyakan sudah berusia lanjut. Satu hal yang menggembirakan adalah bahwa para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir kegiatan.

Memulai kegiatan di hari Sabtu tanggal 08 Desember 2018, Budi Santosa, S.T. bersama dengan co leader Google Educator Group Surabaya, Anis Maulana, S.Pd. menyampaikan pokok pokok materi tentang Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Lebih lanjut, materi di hari kedua atau hari Minggu, tanggal 09 Desember pemateri dengan bahasa kemasan khas ala Suroboyoan yang akrab dan tidak bertele, dengan lugas mengupas materi tentang google quiz dan analisis hasil quiz menggunakan google sheets serta tidak ketinggalan materi yang ditunggu tunggu yaitu google classroom.

Diakhir kegiatan, para peserta dipanggil satu persatu secara langsung oleh pemateri, Budi Santosa, S.T. untuk menerima sertifikat kegiatan. Budhisant yang merupakan nama tenarnya pemateri Google for education IGI Kota Kediri ini di online menyampaikan bahwa sertifikat yang diberikan adalah bagi mereka para peserta yang telah menyelesaikan semua rangkaian tugas selama workshop berlangsung. Bagi bapak Ibu peserta yang belum menyelesaikan tugas masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikannya dengan pendampingan terbimbing secara online. Hal ini diharapkan akan mendorong semangat para guru untuk senantiasa belajar mengembangkan kemampuannya di bidang IT.

Kegiatan workshop Google for Education IGI Kota Kediri bukan hanya bermakna peningkatan kualitas guru dibidang IT, lebih dari itu, IGI Kota Kediri juga menjalin kerjasama (MoU) dengan pihak FKIP Universitas Islam Kadiri Kota Kediri dalam upaya pengembangan SDM guru dan mahasiswa di bidang pendidikan. Oleh karenanya, kegiatan ini mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kota Kediri umumnya di Jawa Timur dan Indonesia. Di masa yang akan datang, IGI Kota Kediri mempunyai niat yang kuat untuk bersama-sama bersinergi untuk berkarya dan mengembangkan kualitas pendidikan sesuai dengan motto IGI, sharing and growing together.

Comments

comments