STEM untuk Daerah 3T

0
539

Bidang Pengembangan Daerah 3T – Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan Webinar STEM Series dalam rangka peningkatan kompetensi guru khususnya di Daerah 3T (Terdepan Terluar dan Tertinggal) untuk mampu melaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar.
STEM dipilih karena STEM merupakan suatu pendekatan meta-disiplin di tingkat sekolah yang memadukan berbagai disiplin ilmu, sains, teknologi, teknik dan matematika menjadi satu kesatuan yang dinamis untuk mengoptimalkan aktivitas peserta didik dalam berproses mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki sebagai upaya mengembangkan seluruh potensi agar mampu bersaing secara global.

Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah (tangkapan layar/PP IGI Bidang Pengembangan Daerah 3T )

Dalam webinar series ini akan disampaikan contoh-contoh pembelajaran berbasis STEM di sekolah dasar melalui STEM Low Cost. STEM Low Cost merupakan pembelajaran berbasis STEM dengan menggunakan teknologi yang sederhana, biaya rendah, alat dan bahan yang mudah ditemukan, dan manajemen pengelolaan yang mudah serta dapat diimplementasikan diberbagai wilayah di Indonesia. Sehingga setelah mengikuti webinar series ini, guru mampu memodifikasi, mengembangkan dan mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.
Pada kesempatan ini Bidang Pengembangan Daerah 3T – PP IGI telah melaksanakan 2 webinar series yang dibuka oleh Bapak Danang Hidayatullah (Ketua Umum IGI) dengan tema series 1 yaitu Mudah Membuat Project STEM di Sekolah Dasar dengan narasumber Hardani, M.Pd dan series 2 yaitu Aplikasi Bangun Ruang dengan Pendekatan STEM (Menara Air) dengan narasumber Jauharotul Farida, S.Pd.Si.

Berikut adalah tautan materi dan video rekaman dari webinar series 1 dan 2:

1. Mudah Membuat Project STEM di Sekolah Dasar
Rekaman: simak disini
Materi: simak disini

2. Aplikasi Bangun Ruang dengan Pendekatan STEM (Menara Air)
Rekaman: simak disini
Materi: simak disini

Adapun STEM Series 3 akan diselenggarakan setelah Idul Fitri dengan narasumber guru-guru penggiat STEM dalam pembelajaran.

Informasi mengenai kegiatan STEM Series dan program bidang PD3T IGI lainnya dapat menghubungi sdr Hilman Paturusi (hilmanpaturusi[at]igi.or.id) dan Nurlyanto (nurlyanto[at]igi.or.id).

Comments

comments