SMK NURULHUDA MENJADI YANG PERTAMA

0
845
Dari kiri : Ketua IGI Banten, Sekdis Dindikbud Kab. Serang, Kepala SMK Nurulhuda, Ketua IGI Serang

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan kegiatan peningkatan kompetensi guru adalah dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan satu sama lain, sebagaimana salah satu alasan terbentuknya IGI adalah karena faktor peningkatan kompetensi guru yang selama ini kurang mendapatkan sentuhan serius dari kalangan dunia pedidikan. Sehingga di mana ada IGI di situ ada kegiatan peningkatan kompetensi guru.

IGI Kabupaten Serang yang terbentuk pada bulan Oktober 2016 tentu saja mengemban misi yang sama, yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya di wilayah Kabupaten Serang. Sebuah kabupaten yang terbentang luas, terdiri dari 29 kecamatan, berbatasan dengan Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon dan tentu saja Kota Serang.

Luasnya wilayah kerja dan personil yang masih minim tentu saja menjadi tantangan yang cukup berat bagi kami pengurus IGI Kab. Serang. Namun keinginan untuk berbagi dan tumbuh bersama guru, telah memompa semangat kami untuk terus berjuang pantang menyerah. Sebagaimana sebuah pepatah lama yang senantiasa terngiang di kepala, “Sekali layar terkembang pantang surut ke belakang”.

Tiga bulan bukanlah waktu yang lama bagi kami untuk melaksanakan kegiatan, meskipun juga tidak dapat dikatakan waktu yang singkat. Di antara kuatnya hegemoni sang saudara, di sela derasnya arus intimidasi, dengan diiringi do’a restu dan dukungan dari atasan yang sesungguhnya selalu mendapat teguran dan sindiran. Tanggal 21 Januari 2017 IGI Kabupaten Serang secara resmi melaksanakan kegiatan pelatihan untuk guru dari berbagai tingkatan.

Adalah SMK Nurulhuda Baros tempat dilaksanakannya kegiatan pertama, diikuti oleh semua guru SMK Nurulhuda dan guru dari SMP dan MTs di sekitarnya, bahkan ada peserta yang datang cukup jauh yaitu dari SMP Kragilan. Kegiatandiberi tajuk “Pendidikan dan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Animasi dan Soal Online”.

Terlaksananya kegiatan adalah atas besarnya perhatian Kepala SMK Nurulhuda, Bapak Mahrus, M.Pd terhadap peningkatan kompetensi guru-gurunya, sehingga beliau tak segan untuk menanggung seluruh biaya yang diperlukan untuk kegiatan tersebut. Kegiatan yang diawali dengan overview IGI oleh Ketua IGI Banten Bapak Saiful Bahri, dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Bapak H. Sarjudin, yang juga merupakan keynote speaker dan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang mengakui keberadaan IGI Kab. Serang dan memberikan dukungan kepada kami untuk terus menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pembinaan bagi guru, agar kompetensi guru semakin meningkat dan dapat mengikuti perkembangan zaman. Bahkan beliau menyarankan agar IGI Kab. Serang segera membentuk kepengurusan tingkat kecamatan agar memperluas cakupan dan mempermudah kerja pengurus kabupaten.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama yaitu tentang pembuatan media pembelajaran video animasi yang menggunakan aplikasi videoscribe. Materi yang disampaikan langsung oleh penulis yang merupakan alumni Training Of Coach (TOC) IGI Banten 2016 mendapat atensi yang cukup baik, peserta terlihat antusias mengikuti penjelasan step by step, mulai dari tahap instalasi sampai dengan tahap operasi. Rasa ingin tahu dan ingin maju yang ditunjukkan oleh peserta telah mengubah suasana ruangan kegiatan menjadi dinamis, aktif dan menyenangkan.

Materi kedua yang dilaksanakan setelah dzuhur adalah tentang pembuatan soal online dan pemanfaatan barcode. Materi disampaikan oleh salah seorang guru di Citra Madani Banten Boarding School (CMBBS) yang juga alumni TOC IGI Banten, Bapak Harjono. Tujuan dari pemberian materi ini adalah agar guru dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah yaitu perlengkapan IT berupa komputer dan jarigan internet yang cukup kuat. Di samping itu juga diharapkan dapat mengarahkan siswa dalam penggunaan gadget yang mereka miliki dari hal yang kurang bermanfaat menjadi hal yang bernilai. Karena untuk mengerjakan soal online dari guru siswa cukup menggunakan smartphone mereka untuk memindai barcode dan menjawab soal yang disediakan oleh guru.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian tugas bagi peserta untuk mengaplikasikan materi pelatihan ke dalam kegiatan belajar di sekolah dengan membuat media pembelajaran video animasi dan soal online. Karena kegiatan ini berbentuk workshop maka panitia mewajibkan peserta untuk membuat sebuah karya sebagai syarat mereka mendapatkan sertifikat.

Pada kesempatan ini kami IGI Kab. Serang mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Bapak H. Sarjudin yang telah mendukung kegiatan ini, dan kepada Kepala SMK Nurulhuda yang telah bersedia meluangkan segalanya untuk sukseskan kegiatan. Terima kasih kepada Nurulhuda karena telah menjadi yang pertama…

 

Catatan kemalaman dari “pahlawan kesiangan”

Iwan Sunhani,

IGI Kab. Serang

 

Comments

comments

BAGIKAN
Artikulli paraprakGuru IGI itu IGI
Artikulli tjetërTRAINING OF COACH, INDAHNYA BERBAGI DAN TUMBUH BERSAMA
Guru di Kalimantan Selatan, saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Publikasi, Humas dan Sosial PP. IGI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here