Semarak Kegiatan HGN, Milad IGI, Dan Launching Gema Literasi Di Benua Etam

0
170

Kutai Kartanegara Kaltim, 01/12/2018,

Menyambut Hari Guru Nasional dan HUT Ikatan Guru Indonesia Ke-9, IGI Kutai Kartanegara melaunching gerakan literasi bertajuk “Gema Literasi Di Benua Etam Menuju Kukar Cerdas”. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 1 Desember 2018 ini juga dirangkai dengan workshop Menemu Baling Batu Asimtut dan Sagusaku.

Acara ini dibuka secara resmi oleh bupati Kukar dan dihadiri oleh 250 peserta. Mereka berasal dari guru pada jenjang PAUD hingga SLTA. Hadir pula 18 kepala UPT Dinas Pendidikan, 18 Ketua PGRI serta Ketua IGI dan PGRI provinsi Kalimantan Timur.

Acara berlangsung lancar, aman dan sangat meriah. Hadir pula pada kegiatan ini dari Kepala Kodim, Kapolres, kepala Dinas pendidikan, kepala dinas Patiwisata, ketua DPRD, dan para siswa berprestasi yingkat SLTA yang berjumlah 30 siswa

Pada kesempatan ini, IGI Kukar memberikan penghargaan kepada guru, kepsek, pengawas, masyarakat penggerak literasi, dan siswa duta literasi. IGI Kukar juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan kepada mereka yang berjasa dalam dalam dunia pendidikan. Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya terhadap pendidikan dengan BERINTEGTITAS, BERIMOVASI, BERPRESTASI, TELADAN, DAN MAMPU MENGINISIASI.

Workshop Menemu baling dan Sagusaku ini digelar di hotel Grand Elty Singgasana. Menghadirkan dua orang narasumber/pelatoh nasional IGI, yakni Suparno Ghopar (pelatih nasional Menemu Baling) dan Bunda Masdiana Masdik (pelatih nasional sagusaku).

Bupati Kukar memberi apresiasi yang luar biasa kedua narasumber/pelatih ini. Hingga kemudian merencanakan untuk menyebarkan kegiatan serupa pada daerah-daerah lainnya di Kukar. Road Show akan digelar pada 18 daerah yg ada di Kukar, dengan pembagian pada 6 Zona.

Kegiatan ini terlaksana berkat ketangkasan dan kecerdasan pengurus IGI untuk meyakinkan para sponsor bahwa kehgatan ini sangat bermanfaat. Support itu berasal dari PT. Intan Pariwara, Hotel Grand Elty Singgasana, Bank Kaltimtara, Gerakan Literasi Kutai, Bucereos Batik Kutai, Bank BRI, Kopi Bokatt dan lainnya.

Tidak sekedar launching gerakan literasi, tetapi para guru juga mengikuti  pembelajaran dengan daring agar peserta bisa menghasilkan karya.

Comments

comments