SADAR IGI 92: “MENGGENGGAM DISRUPSI”

0
129

Dampak paling besar dari Revolusi Industri 4.0 adalah penggunaan teknologi secara masif dan perubahan gaya hidup termasuk dalam bidang pendidikan. Inilah era disrupsi, pergeseran dunia nyata ke dunia maya menjadi sangat fundamental karena sudah menyangkut hidup, gaya hidup serta penghasilan untuk hidup bukan sekedar prestise semata.

Perubahan mendasar yang diakibatkan oleh teknologi juga merasuki dunia pendidikan. Guru yang gagap teknologi bersiap saja dilabeli guru jadul, mengajar garing, sulit mengaitkan materi ajar dengan kehidupan kekinian, meski tidak selamanya penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan berdampak pada hasil belajar yang baik. Namun banyak riset membuktikan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru berdampak pada enjoyfull class, terlebih teknologi senantiasa menghadirkan kehidupan nyata dalam pembelajaran kontekstual. Disrupsi melanda dunia edukasi, bukan hanya mengubah guru berpola pikir, berpola mengajar, namun memberi prestasi dan bahkan bisa meng-income guru di luar jam mengajar. Nah loh, berulangkali saya menulis di narasi SADAR, bahwa belajar *wajib* senang, guru harus hadir dalam sosok yang dinanti. Bahkan patut dibanggakan dengan pelbagai aktivitas mengangkat nama sekolah.

Tidak tanggung, SADAR IGI edisi 92 menghadirkan dua tamu yang sangat berkompeten memberikan asupan kontemporer dalam dunia teknologi, Augemented Reality. Teknologi yang seolah dunia maya bisa kita genggam selayak dunia nyata, dunia pendidikan akan sangat bermakna dengan media pembelajaran berekayasa ini. Tamu kami itu pakar teknologi, Dr. Djadja Achmad Sardjana, ST, MM dari Pojok Pendidikan serta tokoh muda Hasbi Asyadiq, founder dan CEO Assemblr. Dipandu guru alumni Virtual Coordinator Indonesia, Fientje Watak, S.Pd., M.Pd. dari SMP Katolik Mayella Poigar Sulut, panitia SADAR IGI mengundang seluruh guru Indonesia menyaksikan dan berdiskusi dalam tayangan bermakna ini.

Siapkan paket internet anda, siapkan cemilan dan kopi hangat, cukup sambil sarungan atau dasteran di rumah, akses kami melalui
www.webex.com atau link http://bit.ly/SADAR-IGI-92
Meeting Number 572 980 744
Password 12345

Kami tunggu hadirnya anda di lapak kami

SADAR IGI, tayangan edukasi menginspirasi negeri selalu dinanti

Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments