SADAR IGI 114: “NAVIGASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA”

0
43

Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh guru dalam era disrupsi adalah penguasaan teknologi. Kemampuan mengolah aplikasi komputer menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam dunia pendidikan. Bagaimana berharapa siswa bisa cakap teknologi jika guru saja tidak paham. Namun demikian, guru IGI merupakan guru yang dianggap paling siap menghadapi era teknologi kekinian. Termasuk saat saya diwawancarai oleh wartawan medcom yang terafiliasi dengan Metro TV, sang reporter memastikan bahwa saya IGIers dan menggerakkan SADAR IGI secara konsisten selama 3 tahun ini. Apresiasi ini bukan untuk saya, SADAR IGI sebagai embrio Virtual Coordinator Training menjadi inspirasi bagi guru cakap virtual ala Revolusi Industri 4.0. Apresiasi ini buat kita semua, Pak Gatot, Teman-teman Panitia, serta pemirsa SADAR IGI.

Link profil wawancara tersebut : https://m.medcom.id/pendidikan/inspirasi-pendidikan/GbmXV33N-khairuddin-menggerakkan-pendidikan-lewat-tol-langit

Revolusi Industri 4.0 ditandai oleh Internet of Things dan manajemen Big Data. Traffic data di tol langit menjadi sangat cepat dan padat, kemampuan mengolah data dalam cloud lalu dimanfaatkan dalam berbagai macam kebutuhan menjadi keniscayaan bagi setiap pemain era ini. Guru bukan penonton, namun pro aktif menjadi player yang mewarnai, memanfaatkan, menavigasi ke arah pendidikan yang lebih baik. Teknologi tidak bisa dibendung, sekarang bagaimana cakapnya kita sebagai guru mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai edukatif dan bermanfaat.

Pustekkom menjadi sentral data bagi Kementerian Pendidikan. Pustekkom menjadi sangat penting keberadaannya, bukan saja berkenaan dengan data, pengolahan data namun juga sebagai lembaga pencerahan bagi guru agar cakap di dunia maya. Harus diakui tidak semua guru expert menguasai teknologi, karenanya Pustekkom hadir memberi pencerahan lewat berbagai perlombaan dan pelatihan bagi guru.

Tidak semua yang dilakukan pustekkom memenuhi ekpekstasi memang, tentu saja proses ini harus diikuti oleh dukungan seluruh guru Indonesia dan kesabaran, karena Pustekkom sendiri membenahi diri dengan masukan guru-guru Indonesia. Gebrakan terakhir Kemendikbud melalui Pustekkom adalah penyediaan tablet pendidikan dengan konten Rumah Belajar bagi sekolah penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja.

Menyambut Milad SADAR IGI Ke-3 kami secara spesial mengundang Kepala Pustekkom Kemendikbud *Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D* sebagai Narasumber agar kita sebagai guru paham arah mana pendidikan Indonesia di era revolusi industri 4.0 dinavigasikan oleh Pustekkom sebagai nakhoda teknologi Kemendikbud. SADAR Edisi 114 ini akan dipandu oleh *Ibu Arfiany Babay, M.Pd*, Panitia SADAR IGI dari Sulawesi Selatan, Kepala SLCC Makassar.

Tentu saja guru hebat takkan melewati tayangan ini, kapan lagi punya kesempatan bertanya langsung pada Komandan Teknologi Kemendikbud, bukan sekedar pengetahuan namun juga kebijakan Pemerintah yang akan dieksekusi guru di sekolah. Ikuti tayangan kami pada Rabu Malam (27 November 2019) mulai pukul 19.00 WIB melalui :
Website : www.psmk.webex.com atau bit.ly/sadar114
Meeting Number : 589 500 393
Password : 12345

Kami tunggu kehadiran anda di ruang diskusi SADAR.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Meginspirasi Negeri

Aceh, 26 November 2019
Koordinator SADAR IGI

KHAIRUDDIN

Note :
*KAMI SEGENAP KRU PANITIA SADAR IGI DAN PEMIRSA SADAR IGI MENGUCAPKAN SELAMAT ULTAH BUAT IGI KE-10, TERBANGLAH TINGGI KE ANGKASA EDUKASI, TERUSLAH MENCERDASKAN GURU INDONESIA*

Comments

comments