Kemeriahan HGN 2019 Kutai Kartanegara Bersama IGI Dan PGRI

0
41

Kutai Kartanegara, Senin 25 November 2019. Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2019, Milad IGI ke 10, dan HUT PGRI dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara di Jalan Wolter Monginsidi Tenggarong. Upacara HGN pagi ini sangat berbeda dari pelaksanaan HGN di tahun-tahun sebelumnya. Karena peringatan HGN tahun 2019 sangat spesial, dimana di spanduk yang panjangnya 40m x 3m itu terpampang juga Logo Ikatan Guru Indonesia (IGI). Selain logo HGN 2019, Depdikbud, Bank KaltimTara dan tentunya logo PGRI.

Upacara HGN di Kutai Kartanegara sebagai pembina adalah bpk Bupati Kutai Kartanegara, bpk Drs. Edy Damansyah, M.Si. sebagai pasukan pengibar bendera adalah tim Paskas MAN 2 Kutai Kartanegara. Sebagai pembaca UUD 1945 adalah perwakilan dari IGI. Upacara berlangsung lancar, tertib, dan hidmad. Suasana pagi ini sangat mendukung pelaksanaan upacara HGN 2019, cuaca di Tenggarong diselimuti mendung tipis. Sehingga selama upacara berlangsung suasananya redup. Upacara dimulai tepat Pukul 08.00 Wite dan berakhir sekitar pukul 09.30.

Sebelum pembacaan do’a, saatnya pemberian penghargaan kepada 12 guru Penggerak Literasi dan guru berdedikasi. Dan Alhamdulillah, yang luar biasa lagi 9 dari 12 adalah guru IGI. Adapun 9 nama itu adalah; Suparno Ghopar, Isnaini Fila, Listiana Mugiyati, Ranem, Shanti Agustiani, Sasmiati, Abdul Samad, dan Saryono. Piagam penghargaan langsung diserahkan oleh bupati Kutai Kartanegara didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Ketua DPRD, KaPolresta Kukar, Dandim, PN Tenggarong, dan tentunya Direktur Bank KaltimTara Tenggarong sebagai sponsor tunggal kegiatan HGN 2019 di Kutai Kartanegara.

Setelah selesai menerima penghargaan ke 12 guru berdedikasi tidak langsung bubar, kami dijamu oleh bpk bupati di ruang eksekutif beliau. Dengan menu nasi kuning ikan haruan (Ikan Gabus) dan lontong sayur khas Kutai.

Pada kesempatan ini terjadi Sharing and Growing Together dengan bapak bupati yang juga didampingi oleh Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ketua IGI Bung Sutopo Gasif, dan ketua PGRI Prof. Jonathan Palinggi.

Bapak bupati Kutai Kartanegara menyambut gembira dengan suasana MESRA antara IGI-PGRI dalam pelaksanaan HGN 2019, milad IGI ke 10, dan HUT PGRI.

Bpk bupati sangat mengapreasiasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan IGI di Kutai Kartanegara. Bahkan seringkali beliau yang membuka kegiatan IGI. Yang lebih membanggakan lagi kegiatan IGI akan disenergikan dengan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta program Pemerintah Kutai Kartanegara.

Jamuan ini di akhiri dengan penyerahan buku dari 9 guru IGI kepada bupati Kartanegara bapak Drs. Edy Damansyah, M. Si.

Adapun rangkaian kegiatan HGN 2019 ini, dimulai tanggal 24-30 November. Di awali hari Minggu dengan jalan santai berhadiah dengan peserta sekitar 6000, selanjutnta dilaksanakan gowes ngengitari kota Tenggarong. Sore harinya di Taman Kota Raja pada Literasi Akhir Pekan diadakan Talk Show dengan Tema, “Guru Kompeten, SDM Unggul, dan Indonesia Maju,” adapun sebagai narasumbernya adalah Ketua PGRI Kaltim, Ketua IGI Kaltim, Ketua PGRI, ketua IGI Kutai Kartanegara. Selanjutnya ada lomba mencipta dan membaca puisi bertema Kutai Kartanegara sebagai IKN, lomba menyanyi solo, dan lomba kuliner tradisional Kutai, dan lomba drum band untuk siswa.

Semua kegiatan di pusatkan di stadion Rondong Demang Tenggarong dengan panggung utama yang sudah disiapkan oleh Bank KaltimTara. Acara akan berakhir pada tanggal 30 November dengan penampilan artis ibukota Siti Badriyah.

Ref. Suparno G.

Comments

comments