Kanal SAGUGAMEPOINT Latih Guru Membuat Pembelajaran Menyenangkan Dengan Game PowerPoint

0
40

Menyambut Hari Guru Nasional 2019 dan HUT ke 10 Ikatan Guru Indonesia, Tim LONTARA (Learning Online Nusantara) mengadakan kegiatan Video Teleconference dengan tema Temu Virtual Pelatih IGI 2019 menggunakan webex dari Direktorat PSMK pada hari minggu tanggal 24 April 2019.

Pada kegiatan ini Tim LONTARA tidak sendiri, tapi dibantu oleh Tim SADAR IGI dalam kegiatan Video Teleconference yang diadakan 8 jam nonstop mulai dari pukul 13.00 sampai 21.00 WIB. Kegiatan Temu Virtual Pelatih IGI 2019, memberikan wadah kepada Kanal-kanal IGI, baik kanal yang telah terdaftar di LPMP IGI maupun kanal baru yang belum terdaftar di LPMP IGI dalam mempresentasikan kanal mereka.

Ada sekitar 14 kanal yang mengisi kegiatan Video Teleconference Temu Virtual Pelatih IGI, salah satunya adalah kanal SAGUGAMEPOINT.

Kanal SAGUGAMEPOINT (Satu Guru Satu Game Pembelajaran dengan PowerPoint) adalah salah satu kanal baru IGI yang di promotori oleh ST.Maesuri, pelatih IGI dari Kabupaten Bone Propinsi Sulawesi Selatan. Awal mula terbentuknya kanal SAGUGAMEPOINT setelah mengadakan pelatihan di Samsung Smart Learning Class (SSLC) Makassar pada 25 Maret 2018. Nama kanal SAGUGAMEPOINT pertama kali dicetuskan oleh Pak Imran Rosadi.

Kanal SAGUGAMEPOINT merupakan wadah untuk melatih guru-guru membuat game pembelajaran menggunakan aplikaksi PowerPoint. Jenis Game yang dibuat adalah game kolaborasi dan game kompetitif yang dapat dimainkan atau melibatkan seluruh peserta didik yang ada di dalam kelas. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat game, seperti unity, construct 2, GameMaker studio dll, namun saya ingin mencoba membuat game dengan menggunakan aplikasi yang telah ada dihampir semua laptop/PC. Selain itu, untuk membuat game pembelajaran menggunakan aplikasi PowerPoint tidak harus menguasai bahasa pemprograman atau coding.

Apa sih tujuan membuat kanal SAGUGAMEPOINT?. Tujuan membuat kanal SAGUGAMEPOINT adalah: agar peserta pelatihan dapat terampil membuat media pembelajarn dalam bentuk game mengunakan aplikasi PowerPoint, selain itu, diharapkan juga agar peserta pelatihan memiliki kemampuan untuk mendesain sendiri media pembelajaran mereka dalam bentuk game dengan menggunakan aplikasi PowerPoint.

Kanal SAGUGAMEPOINT telah melakukan beberapa kali pelatihan baik secara online maupun secara offline. Buat ibu/bapak guru yang ingin mengenal lebih dekat tentang kanal SAGUGAMEPOINT dapat bergabung di group Telegram SAGUGAMEPOINT di https://t.me/Sagugamepoint .

Dan untuk melihat contoh-contoh game yang dibuat dapat dilihat di channel Youtube Maesuri Syata.

Sebagai guru abad 21, seharusnya kita terus…terus…dan terus berkarya. Jangan pernah ada kata berhenti. Mari sama-sama mencerdaskan anak bangsa dengan setiap saat mengupgrade kompetensi kita.

Selamat Hari Guru
Teruslah menjadi motivator, kreator dan fasilitator buat peserta didik kita.

Founder SAGUGAMEPOINT

ST. Maesuri

Comments

comments