SADAR IGI 108, “BUKAN SEKEDAR TREND”

0
56

Dalam banyak diskusi pendidikan, teman-teman guru kerap mengeluhkan pemahaman siswa yang mandeg akibat dasar konsep mereka yang rendah. Sayangnya banyak yang mengeluh tersebut terkungkung oleh gaya mengajar begitu-begitu saja. Ruangan kelas harus menuruti kemauan si guru, mencekam tanpa suara. Bahkan bisa jadi ada yang tertidur meresapi konsep yang tak kunjung merasuki otak. Rata-rata PakBuk Guru yang mengeluh tersebut tidak menggunakan teknologi dalam proses pembelajarannya, penjelasan materi terasa abstrak di zaman yang sebenarnya semua bisa divisualisasi secara nyata.

Guru yang enggan menggunakan teknologi sebenarnya sedang mematikan konsep terkait kehidupan kontekstual. Karena teknologi menjadi penghubung dalam membuat konten materi yang abstrak menjadi nyata. Salah satu yang sangat trend sekarang adalah Augmented Reality berbasis tiga dimensi. AR 3D mampu menggabungkan benda maya tiga dimensi ke lingkungan nyata. AR dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Artinya jika guru kreatif, seluruh bidang studi bisa dibuat media AR 3D.

Tak bosan-bosannya SADAR IGI mengajak inspirator media berbasis AR. Banyak siswa kita sudah mahir membuat AR dan memenangkan perlombaan di berbagai event. Ini kali ke-4 tema Augmented Reality hadir di room SADAR. Tiga materi AR sebelumnya selalu dipenuhi oleh pemirsa yang senang media pembelajaran kekinian. Bahkan Pustekkom Kemdikbud pun tahun ini membuka perlombaan membatik dengan salah satu mata lombanya adalah AR.

Diskusi AR 3D kali ini kami menyediakan banyak kursi, tak ada pemirsa kami yang berdiri atau berdesakan. Karena tayangan AR berbasis startup edisi lalu saya sendiri sebagai koordinator harus berdiri depan pintu SADAR, room Vicon sudah penuh 245 audien. Alasan itu pula kami dihadiahkan room oleh PSMK Kemdikbud yang jenis Webexnya Event dan bisa menampung 1000 audien. Masih belum mau masuk ?

AR 3D sangat menarik untuk disimak dan dikreasikan oleh kita guru. Kami mengundang Narasumber dari LPMP Gorontalo, sekaligus Ketua Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran, *Bapak Hamzah Hippy, MT, M.Si*. Pengalaman dan keilmuannya akan memberi pencerdasan bagi guru untuk membuat media pembelajaran berdaya guna. SADAR IGI 108 akan dipandu oleh IGIers Sidrap, sekaligus guru inspiratif teknologi, duta Quipper Indonesia, *Bapak Zainal, S.Pd., S.Kom* dari SMA Negeri 1 Sidrap.

Mari bergabung diskusi menarik bersama kami di SADAR IGI Edisi 108 pada Rabu 15 Oktober 2019, pukul 19.15 s.d selesai.

Akses kami melalui www.psmk.webex.com atau bit.ly/sadar108
Room Number 576 366 787
Password : 12345

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Sabang, 13 Oktober 2019

Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Comments

comments