MRR AJAK GURU BERSAHABAT DENGAN TEKNOLOGI

0
551

Sabtu, 14 Januari 2017 di selenggarakan Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan dan Implementasi Animasi Drawing dalam Pembelajaran di SMP IT Raudhatul Jannah. Acara diikuti kurang lebih 160 peserta guru se-Kota Cilegon dan beberapa orang guru dari Pandeglang. Acara dibuka oleh Ibu Ismun Darjatiningsih, M. Pd., selaku pengawas Provinsi Banten. Acara juga diisi dengan sambutan-sambutan dari ketua IGI Cilegon, Ibu Nurbadriah, M. Pd., Kepala SMP IT Raudhatul Jannah, Ibu Endang Hanimah. Sambutan yang ketiga adalah arahan dari Bapak Asep Mansur, M.Pd ., ketua MKKS SMA kota Cilegon.

Setelah acara pembukaan, materi pertama adalah optimalisasi tablet Samsung A8 dan overview IGI, Ikatan Guru Indonesia dari ketua umum IGI, Muhammad Ramli Rahim. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pandangan mengenai proses lahir dan perkembangan IGI hingga sekarang. Beliau menyampaikan IGI merupakan wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi. IGI berupaya untuk memajukan guru-guru Indonesia agar lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Selain itu IGI yang mempunyai motto growing together, mengajak guru-guru di Indonesia untuk bersahabat dengan teknologi. Pada sambutannya, MRR, julukan untuk ketum IGI, mendemonstrasikan bagaimana menggunakan tablet Samsung A8 dalam pembelajaran, diantaranya dengan metode Menemu Baling-menulis dengan mulut mendengar dengan telinga, Sagusamik-satu guru satu komik, Sagusatab-satu guru satu tablet, Sagusanov-satu guru satu inovasi.

Materi workshop yang kedua yaitu pembuatan animasi drawing yang disampaikan oleh Dahli Ahmad, M. Pd.. Langkah yang pertama adalah mengkopi aplikasi kemudian menginstalnya. Langkah selanjutnya adalah membuat media sparkol. Perlahan-lahan Dahli membimbing para guru cara membuat mulai bagaimana memasukkan tulisan, kemudian memasukkan gambar, dan menayangkannya sebagai video. Guru-guru tampak antusias mengikuti pembelajaran ini. Kerjasama dan saling bagi terlihat sekali dalam kegiatan ini.

Tidak hanya pembuatan animasi drawing, Dahli juga menyampaikan cara membuat media pembelajaran dengan penggunaan PowerPoint. Pada pertemuan ini disampaikan Bagaimana cara pembuatan template pada media PowerPoint.
Diharapkan dari kegiatan seperti ini guru-guru di Indonesia, khususnya di Cilegon bisa menampilkan pembelajaran yang menyenangkan di kelas dan membuat siswa lebih semangat dalam belajar.

Kegiatan IGI Kota Cilegon, di SMP IT Raudhatul Jannah ditutup dengan sesi foto bersama antara pengurus dan peserta workshop, turut serta narasumber, ketua wilayah Banten, dan ketua umum IGI.

Ref: Desmawati

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here