Menaklukkan Jalan “SS” bersama Asmara Wassahua

0
1231

Ketua umum PP IGI, Muhammad Ramli Rahim atau biasa dikenal dengan MRR dijadwalkan datang lagi ke Maluku. Kali ini beliau akan mengunjungi Kabupaten Seram Bagian Timur. Ini  merupakan kali ketiga beliau ke Maluku, setelah sebelumnya sudah menyusuri kota Ambon, Maluku Tengah dan Kota Tual.

Kabupaten Seram Bagian Timur
Kabupaten Seram Bagian Timur

Rabu, tanggal 19 Oktober 2016, pukul 11.00 kami menjemput MRR di pelabuhan Amahai. Mengendarai mobil ketua IGI Wilayah Maluku, pak Ode Abdurachman Pak Ketum langsung kami bawa ke rumah makan Sinar Bula untuk makan siang, setelahnya kami menunaikan sholat zuhur dulu di mushalla terdekat.

Sekitar pukul 14.00 rombongan mulai bergerak dari Masohi menuju Bula. Perjalanan ke Bula akan menempuh jarak 350 kilometer, ini membutuhkan waktu paling tidak 12 jam perjalanan. Pak Ode Abdurachman mempercayakan kepada saya untuk menyetir mobil Avansa putih miliknya. Ada 8 orang yang ikut rombongan ini; Pak Ketum MRR, Ode Abdurachman (Ketua Wilayah), Rohib Sangia, Suhardin, Edison (ketiganya pengurus Wilayah Maluku), Pak Darno dan Amiruddin Wabulla (Wakil Ketua dan sekretaris IGI Maluku Tengah), serta saya sendiri sebagai Wakil Ketua Umum Regional Maluku Papua.

Mobil sudah melaju sekitar 50 kilometer, kami pun istirahat sebentar di sebuah warung. Rehat sejenak untuk minum teh, kopi, dan makan “sarmento” (sarimi telur) sekedar untuk alas perut, karena perjalanan kami masih kurang lebih 300 km lagi.

Sekitar satu jam kami istrahat, mobil kembali dinyalakan. Kali ini yang menjadi driver adalah Pak Ode Abdurachman, Ketua IGI Wilayah Maluku. Dalam perjalanan, kami melewati jalan-jalan yang terjal dan berlika-liku. Inilah mengapa orang Maluku memberi istilah Jalan “SS”.

img_9189.jpgPak Ode  menghentikan mobilnya, berhenti sejenak di suatu tempat. Semua penumpang keluar dari mobil, tampak pemandangan indah disekitar. Kami pun istirahat sejenak untuk melepaskan lelah sambil menikmati pemandangan dari ketinggian gunung. Tempat ini orang-orang biasa menyebut sebagai  negeri di atas awan. Kami berada di ketinggian gunung dan gumpalan awan berada dibawah di sekitar gunung, sungguh pemandangan yang luar biasa.

img_9327.jpgSesudah puas menikmati pemandangan dari atas gunung, kami harus melanjutkan perjalanan menuju Bula. Beberapa perkampungan telah kami harus lewati, dan akhirnya kami harus istrahat di salah satu perkampungan untuk melaksanakan sholat magrib berjamah. Setelah selesai sholat, kami melanjutnya perjalanan. Kami singgah di desa Wahai untuk makan malam, dan makan malam kali ini menunya adalah ikan bakar. Setelah selesai makan malam, perjalanan kembali dilanjutkan. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 250 kilometer lagi. Dalam perjalanan, kami harus berhenti beberapa kali karena terkendala dengan jalan-jalan yang rusak. Bahkan kami harus turun dari kendaraan untuk menyeberang jembatan.  MRR pun harus turun dari mobil beberapa kali untuk mengganjal ban mobil dengan batu, karena sesekali mobil tidak bisa naik gunung disebabkan jalanan yang rusak parah.

Setelah siang baru tahu kondisi jembatan sebenarnya.
Setelah siang baru tahu kondisi jembatan sebenarnya.

Sesekali terdengar suara takbir dari dalam mobil, dan ada satu kejadian yang membuat kami semua merasa takut. Bahkan pak MRR juga, di saat mobil melaju dengan kencang di depan ada jembatan yang rusak bersamaan dengan motor yang akan melintasi jembatan tersebut. Hampir saja kami terperosok kedalam jembatan yang rusak. Untung pak Ketua Wilayah cepat kendalikan stirnya, Kami harus melawati jembatan yang di buat dari batang-batang kelapa. Alhamdulillah mobil kami bisa diselamatkan oleh Allah entah ini mungkin karena niat kami ingin berbagi dengan teman-teman guru di SBT, dan doa dari semua teman-teman IGI yang ada diseluruh pelosok tanah air.

Kondisi geografis dan alam bagaimanapun, sungguh tidak akan menyurutkan niat kami, untuk terus tumbuh dan berbagi bersama guru-guru di Maluku, demi peningkatan mutu guru bersama Ikatan Guru Indonesia.

Salam.

Asmara Wassahua

Wakil Ketua Umum Regional Maluku Papua

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here