Kanal Baru Pelatihan IGI, Publikasi di Jurnal Internasional

0
401

Ahad 17 Maret 2019 di SSLC Makassar, telah berlangsung workshop publikasi Jurnal Internasional yang disampaikan oleh DR. Suhaedir Bachtiar. Narasumber adalah salah satu guru muda berprestasi yang di miliki oleh IGI. Kesehariannya menjalani tugas mengajar di SMPN 2 Batang Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan serta menjadi dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di Makassar.

Terkait jurnal internasional beliau yang sudah terpublikasi sangat banyak, cukuplah kita mencari ke om google dengan mengetik nama beliau. Sebuah jejak digital yang akan abadi. Jurnal adalah sesuatu hal yang sangat jarang kaum guru ”menyentuh” nya, padahal angka kredit yang diperoleh dari jurnal yang terpublikasi sangat sepadan untuk mengangkat guru ke pangkat golongan yang lebih tinggi lagi. Jurnal Internasional mungkin istilah awam bagi guru, lebih akrab ke profesi dosen, minat untuk mengetahui materi ini pun masih sangat kurang. Walaupun peserta sedikit tapi panitia dan narasumber tetap melaksanakan workshop ini, peserta yang hadir jadi mengetahui manfaat besar dari publikasi jurnal internasional bagi kaum guru. Cara membuat mulai jurnal dari aturan-aturan dasar penyusunan sampai proses publikasi tersampaikan dengan baik oleh narasumber.

Kedepannya narasumber sangat berharap guru-guru Indonesia khususnya yang bergabung di IGI untuk lebih banyak dan lebih sering mempublikasikan tulisan ilmiahnya ke jurnal-jurnal Internasional, sehingga jejak digital guru-guru IGI lebih mendunia. Beliau juga sementara merancang satu kanal pelatihan IGI yang terkhusus membidangi jurnal internasional. Semoga guru-guru IGI yang terkenal tinggi semangat belajar hal yang baru dan bermanfaat bisa menerima kanal tersebut nantinya.

Menurut pengelola SSLC Makassar, narasumber kali ini adalah salah satu intan berlian yang di miliki IGI, selama ini beliau masih menyesuaikan waktu untuk berbagi dengan IGI, dikarenakan kesibukan penyelesaian pendidikan doktoral beliau di Malang beberapa bulan yang lalu dan kesibukan mengajar di beberapa beberapa institusi. Kami sebagai pengelola SSLC sangat berharap kanal pelatihan terkait jurnal internasional ini segera diresmikan oleh LPMP IGI, sehingga kekayaan intelektual milik guru-guru IGI bisa segera di rekam digitalkan sebagai bukti kehebatan dan kemuliaan profesi mereka sebagai guru Indonesia.

Pusat pelatihan guru IGI
SSLC Makassar
Kegiatan WOW 17-03-2019

Comments

comments