IGI PANDEGLANG SIAP TINGKATKAN KOMPETENSI GURU

0
692

Oleh Dede Wahdiati
Guru SMKN 9 Pandeglang

Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pandeglang di akhir 2016. Sejak terbentuk dan dilantiknya kepengurusan IGI Daerah Pandeglang, 23 Oktober 2016, kegiatan peningkatan kompetensi terus bergerak dan membawa IGI Pandeglang maju dan sukses dalam melaksanakan kegiatannya. Berawal dari kegiatan perdana pada tanggal 24 Oktober 2016 “Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan tanggal 27 November 2016 “Workshop Media Pembelajaran Komik Berbasis IT”, dan diakhiri pada tanggal 26 – 27 Desember 2016 Anggota dan Pengurus IGI Pandeglang mengikuti kegiatan IGI Pusat dalam kegiatan Training Of Coach (TOC) yang dilaksanakan IGI Wilayah Banten.

Diawal tahun 2017 Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pandeglang mempunyai program kegiatan setiap bulannya dalam rangka peningkatan kompetensi guru. Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan “Workshop Media Pembelajaran Interaktif” dengan narasumber Dahli Ahmad. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 15 Januari 2016 bertempat di SMKN 2 Pandeglang. Nafas Guru yang haus tentang peningkatan kompetensi tidak pernah padam, sampai hari ini sudah ada 100 orang calon peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut. Peserta Workshop pun berasal dari berbagai kota, diantaranya Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Jakarta Selatan.

Selain off air, IGI Pandeglang mengikuti banyak pelatihan melalui daring atau secara online, misalnya Sagusanov, Sagusablog, Sagusakti, Sagusandra, Sagusamic dan banyak lagi kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia.

Dari berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI Pandeglang berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah keanggotaan IGI Pandeglang. Guru Pandeglang melihat karya IGI Pandeglang disetiap kegiatan berpengaruh positif, sehingga mereka bisa melihat IGI yang sebenarnya. IGI adalah merupakan Organisasi Profesi yang dinanti oleh semua guru yang ingin menambah kompetensi diri. sehingga guru mampu meningkatkan kualitas dalam mengajar dikelas. IGI pun dapat mencetak para trainer handal sehingga mampu menorong pembangunan dan program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru.

Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai – nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir serta bertindak.Kompetensi dikembangkan untuk memberkan keterampilan dan keahlian berdaya saing serta berdaya suai untuk bertahan hidup dalam perubahan ketentangan, ketidak tentuan dan kerumitan dalam kehidupan. Kompetensi Guru Profesional adalah salah satu unsur penting yang harus ada sesudah siswa. Apabila seorang guru tidak punya sikap profesional maka murid yang di didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini karena guru adalah salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan. Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas pula. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap pengajar adalah kompetensi.

Kompetensi adalah seperangkat ilmu serta ketrampilan mengajar guru di dalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa dicapai dengan baik. Seiring waktu, berdasarkan kebutuhan anak didik terhadap teknologi, metode pembelajaran, media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, gurupun harus mampu dengan posisi seimbang paham terhadap kebutuhan peserta didiknya terhadap IT untuk itu guru diharapkan oleh pemerintah harus terus berupaya memperdalam ilmu pengetahuan dan keterampilannya melalui peningkatan kompetensi. Harapan pemerintah terhadap guru agar terus meningkatkan kompetensinya sebanding dengan apa yang telah diberikan pemerintah dan rakyatnya dalam bentuk kesempatan mendapatkan Gaji yang layak, sertifikasi guru dan tunjangan lainnya.

 

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here