IGI MENGGANDAKAN PELATIH NASIONAL

2
983
Foto bersama diakhir sesi.

 

Oleh: Yoel Istiawanto, S.Pd.

(Sekretaris IGI Kab. Tanah Bumbu)

 IGI selalu melaksanakan kegiatan yang luar biasa untuk peningkatan mutu guru di Indonesia. Pada tanggal 6 s.d 9 Oktober 2016 melaksanakan TOT Literasi Produktif berbasis IT di LPMP Jawa Timur. Begitu semangatnya peserta TOT dalam mengikuti kegiatan tersebut mulai jam 8 pagi sampai jam 12 malam, sehingga seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan mulai awal hingga usai.

TOT ini terlaksana tak lepas dari dukungan PT Samsung, dari pihak Samsung menjelaskan dengan rinci cara memanfaatkan tablet A8 agar dapat digunakan dalam pembelajaran.Dijelaskan pula bagaimana caranya mengoptimalkan penggunaan tablet A8. Tidak hanya itu, PT Samsung pun memberikan dana CSR nya sebesar 1 M untuk tahun ini dan akan memberikan 2 M untuk tahun depan dari dana CSR nya. Semoga kerjasama IGI dengan PT Samsung terus berlanjut untuk membantu peningkatan mutu guru di Indonesia. Seiring dengan itu IGI melaksanakan program SAGUSATAB yaitu Satu Guru Satu Tablet. Melalui sagusatab seluruh peserta TOT menawarkan ke guru – guru di seluruh Indonesia produk Samsung yaitu tablet A8. Melalui tablet A8, kita bisa menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Bisa juga membuat komik untuk pembelajaran dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan didapat ketika menggunakan produk dari PT Samsung yaitu tablet A8.

Melalui TOT Literasi Produktif Berbasis IT, IGI benar-benar menggandakan pelatih nasional agar dapat melatih guru – guru di seluruh Indonesia. Kehadiran IGI harus benar – benar dirasakan oleh seluruh guru.Training of Trainer (TOT) yang pesertanya sebanyak 150 orang tersebut dilatih untuk menjadi seorang pelatih. Diantaranya ada kelas SAGUSANOV (Satu Guru Satu Inovasi), di kelas ini pesertanya mendapatkan materi pembuatan inovasi pembelajaran melalui android. Seluruh peserta yang mengikuti kelas ini dapat membuat aplikasi yang berbentuk apk, sehingga dapat diinstal di android bahkan dapat di upload ke playstore. Materi sagusanov disampaikan oleh bapak Kholiq. Tidak hanya bapak kholiq saja yang memberikan materi, tapi ada juga bapak Elyas memberikan materi membuat video dengan mudah. Peserta dilatih untuk membuat video yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah masing – masing. Semua aplikasi yang digunakan melalui tablet A8. Selain kelas SAGUSANOV ada pula kelas SAGUSAMPI, SAGUSABLOG, SAGUSAKTI, SERDU SAGUSATAB dan kelas SAGUSAKU.Seluruh peserta tak dapat mengikuti kelas – kelas tersebut secara bersamaan. Karena, terbatasnya waktu setiap peserta hanya dapat mengikuti satu kelas saja. Sebelum masuk kelas – kelas tersebut telah dipaparkan oleh narasumber, materi apa saja yang akan dipelajari di kelas – kelas tersebut sebagai pengenalan awal. Sehingga, peserta dapat memilih kelas untuk mempelajari lebih dalam lagi materi dari kelas tersebut.Setelah TOT selesai, pelatihan pun dilanjutkan melalui grup telegram dari masing – masing kelas dan grup untuk seluruh peserta TOT. Peserta bisa share kembali materi yang telah didapat dan membagikan pengalamannya ketika melatih guru – guru di daerahnya masing – masing.

Sebanyak 150 orang yang digandakan oleh IGI untuk menjadi seorang Pelatih Nasional Literasi Produktif Berbasis IT. Semoga dari pelatih yang sudah digandakan tersebut dapat menggandakan lagi pelatih – pelatih yang baru. Sehingga, guru – guru di seluruh Indonesia dapat menerapkan budaya literasi produktif berbasis IT. Seluruh guru nantinya dapat berbagi dan belajar bersama guru – guru lainnya yang didampingi oleh pelatih nasional. Harapannya pengurus pusat IGI (Ikatan Guru Indonesia) tak hanya sampai di sini saja program TOT nya, tapi harus diprogramkan TOT yang lainnya juga agar seluruh anggota IGI dapat meningkatkan kompetensi melalui pelatihan yang akan disampaikan oleh pelatih nasional.

Comments

comments

2 KOMENTAR

  1. Pak Ketum dan Admin IGI yang lainnya ,Trimks atas ilmunya yg sangat bermanfaat bagi ibu yg guru sd yang gaptek, dengan bisa belajar dari bpk/ibu guru muda yg pandai TIK, Mudah IGI tetap sukses, maju,jaya, tetap oke dan mantap, Semoga Allah Subhanawataala membalas krn ilmu yg dibagikan kepada kami, diberikan kesehatan, rizki dan keluarga dalam lindunganNya, Amin YRB

  2. Sy jg ingin mngikuti Diklat2 IGI terutama bagi kami guru2 di Kabupaten Sigi dan kota Palu. Kami berharap mnjadi lbh profesional dan suatu saat bs jd pelatih jg, utk berbagi ilmu kpd teman2 guru lain se indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here