IGI Flotim Teriakan GELIS di SMPN 2 Larantuka

0
224

Larantuka – Pengurus IGI cabang Flores Timur menyelenggarakan kegiatan GELIS (Gerakan Literasi Sekolah) pada Sabtu, 16 Maret 2019 di SMPN 2 Larantuka. Kegiatan yang serupa ini juga pernah dilaksanakan di beberapa titik sekolah di Adonara, Solor, dan Larantuka daratan kota.

Gelis yang diadakan ini mengerucut pada karya tulis siswa yakni menulis puisi. Kegiatan ini dihadiri oleh Badan Pengurus IGI cabang Flores Timur. Dalam kegiatan itu, para siswa dibagi ke dalam empat kelompok, dengan masing-masing kelompok ditempati 50-an siswa.

Sebelum para siswa masuk ke dalam kelompok masing-masing, kegiatan ini diawali dengan mengikuti arahan dan sambutan dari kepala sekolah dan ketua IGI Flores Timur.

Dalam pengantarnya sebelum membuka dan meresmikan kegiatan, Agustinus Arakian Hajon, S.Pd. Kepala Sekolah SMPN 2 Larantuka, memaparkan betapa pentingnya menulis bagi diri sendiri dan semua orang. “Dengan membaca tulisan, Anda bisa mengenal dunia dan dengan menulis, Anda bisa dikenal dunia.” Kata Agustinus Hajon.

Lebih lanjut, ketua IGI cabang Flores Timur, Fransiskus Xaverius Berek, M.Pd. menyampaikan bahwa IGI memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan Flores Timur pada khususnya. Frans juga menambahkan bahwa sekalipun IGI Flores Timur baru berusia satu tahun, namun sepak terjang IGI Flores Timur tidak sebanding dengan usianya yang baru setahun.

IGI pada tahun 2018 menghadirkan dua kanal pelatihan bersertifikat nasional SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang mana dalam kegiatan tersebut IGI memberikan pelatihan kepada 200 orang guru untuk menulis buku. Hasil kegiatan SAGUSAKU tersebut akan diumumkan dan dipresentasikan pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang.

Gelis yang berlangsung selama dua jam ini, menghasilkan ratusan karya tulis puisi siswa sesuai tema yang telah ditentukan. Namun, karya tulis ini akan ditindaklanjuti oleh tim literasi IGI Flores Timur untuk secara selektif menentukan karya tulis yang dapat diterbitkan sekaligus mengecek keaslian tulisan.

Pada kegiatan yang berlangsung itu antusias dari para siswa juga turut menyukseskan sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan efektif. Selain itu, para siswa juga diminta membacakan karya tulisnya sendiri di hadapan para siswa yang lain.

Gelis ini dibawa naungan SAGUSAKU. Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain, untuk memotivasi para siswa dan guru agar mampu menulis apa saja baik berupa aspirasi, pengamatan, perasaan dan pengalaman sehari-hari.

Sesuai program yang telah direncanakan oleh Badan Pengurus IGI Flores Timur, karya tulis siswa tersebut akan diterbitkan dalam sebuah buku antologi puisi yang akan di-launching bersama 14 buku lainya yang sedang dalam proses pencetakan.

Comments

comments