IGI Bali Gelar Seminar IT dan Pamerkan Printer Bekas Untuk Periksa LJK

0
79

IGI Wilayah Bali kembali beraksi dalam misinya untuk berbagi ilmu dan pengalamannya melalui seminar pendidikan yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2019 lalu. Pada kegiatan ini IGI Wilayah Bali berkolaborasi dengan PGRI TIK Bali. Acara seminar pendidikan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pustekom melalui UPTD. BPTEKDIK Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Seminar dibuka oleh Bapak Kadisdik Provinsi Bali. Dalam sambutannya Kadisdik Provinsi Bali mengharapkan para guru senantiasa mengikuti perubahan jaman agar dapat selalu diterima oleh peserta didik yang merupakan digital navite. Di era pendidikan 4.0 ini, guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.

Seminar ini dihadiri oleh 250 orang guru yang datang dari seluruh Bali. Adapun yang hadir sebagai narasumber adalah tiga orang guru yang telah sukses dalam memanfaatkan teknologi dan informasi dalam proses pembelajarannya yaitu 1) Made Mahendra Eka Purusa, S.Pd (SMAN 3 Singaraja) dengan materi “Menjadi Guru Kreatif ala 4.0”, 2) I Wayan Hadi Suartana (SMKN 1 Tabanan) dengan materi “Memaksimalkan Peran Aktif Siswa di Era Digital dengan Gadget”dan 3) I Wayan Karyawan (SMAN 1 Petang) dengan materi “Membuat Sertifikat Online dengan Canva”.

Antusias para guru pada acara ini sangat tinggi terbukti dengan kesungguhan mereka pada sesi presentasi oleh narasumber dan banyaknya pertanyaan yang muncul saat sesi tanya jawab. Pertanyaan yang banyak muncul diantaranya bagaimana memanfaatkan teknologi dengan baik, bagaimana cara mencari informasi yang tepat di internet, bagaimana mengantisipasi dampak negative perkembangan IT, dan bagaimana cara mengetahui sertifat online itu palsu atau tidak. Acara ini semakin semarak dengan adanya quis dengan doorprice menarik dari beberapa sponsor.

Selain seminar, IGI juga mengikuti pameran dalam rangkaian kegiatan ini. IGI memamerkan beberapa buku hasil karya beberapa anggota IGI. Hasil yang menarik perhatian di stand pameran IGI adalah pemanfaatan printer bekas sebagai alat untuk memeriksa LJK serta aplikasi presentasi tanpa LCD proyektor dan internet.

Comments

comments