Workshop PTK dan KTI IGI Kota Singkawang; Guru-Guru Masih Perlu Pendampingan

0
149

Selasa, 13 s.d. 14 Agustus 2019, IGI wilayah Singkawang, Kalimantan Barat sukses mengadakan workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan yang diikuti oleh 65 orang guru SD, 50 orang guru SMP dan 1 orang dari Dinas Pendidikan kota Singkawang ini bertujuan guru agar mampu membuat PTK dan KTI. Menurut panitia pelaksana dari IGI Kota Singkawang, rencananya kegiatan ini akan berlanjut dalam beberapa seri workshop.

Kegiatan yang diadakan di Aula Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang ini, dibuka oleh Kepada Dinas Pendidikan, Drs. H. Muhammad Nadjib, M.Si. Dalam sambutannya Muhammad Nadjib memberikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi oleh IGI Kota Singkawang ini.

Pak Kepala Dinas Pendidikan ini juga akan memberikan penghargaan/reward jika lebih dari 50% guru yang ikut dalam workshop ini menghasilkan PTK dan KTI. Dukungan ini untuk membudayakan minat membaca dan menggali kemampuan para guru untuk meningkatkan kualitas profesionalismenya sebagai pahlawan pencerdas bangsa.

Workshop ini difasilitasi oleh Dr. Nurmala Elmin Simbolon, M. Ed, sebagai bentuk pengabdian seorang dosen kepada masyarakat sekitar. Dr. Nurmala adalah staf pengajar dan peneliti di Politeknik Negeri Pontianak, yang juga seorang praktisi pendidikan. Beliau mendapatkan gelar doktor pendidikannya dari Curtin University, Australia Barat.

Antusias peserta tampak sangat besar pada workshop ini. Bahwa sesungguhnya mereka memerlukan pelatihan dan pendampingan dalam membuat PTK ataupun KTI. Dari hasil evaluasi berupa survei diakhir kegiatan tergambar bahwa mayoritas guru menyatakan keterbatasan pemahaman akan prosedur dan strategi dan instrument dalam melakukan PTK. Selain itu, masalah yang dihadapi juga terkait dengan waktu pengerjaan serta kurangnya informasi serta ketersediaan sumber pustaka yang sesuai dengan topik PTK dan KTI yang mereka lakukan.

Comments

comments