APRESIASI KEPALA PUSAT P4TK TK DAN PLB ; IGI FAKFAK SELANGKAH DI DEPAN

0
1011

IGI Fakfak mengadakan kegiatan Seminar dan Workshop Literasi Digital dengan Tema Mengubah Paradigma Konvensional Menuju Metode Pembelajaran Inovatif mulai tanggal 28 s.d 30 April 2017. Kegiatan dibuka oleh Pak Charles Asisten II Bupati Fakfak yang sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan IGI di Fakfak. Laporan Ketua IGI Kabupaten Fakfak bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 85 orang yang terdiri dari berbagai tingkat, mulai SD hingga SMA/SMK, dengan menghadirkan Narasumber dari Dirjen GTK yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala PPPPTK TK dan PLB Pak Drs. Sam Yhon, MM. Ketua Umum IGMP Matematika Pusat Khairuddin serta Ketua IGI Fakfak Chandra Sri Ubayanti.

Sesi Kepala PPPPTK TK dan PLB berlangsung secara live dari Bandung melalui video conference dengan platform WebEx yang difasilitasi oleh SEAMEO SEAMOLEC dengan host bu Umi Tira lestari dari IGI Kota Bogor. Pak Sam Yhon sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI Fakfak, baru kali ini ada organisasi profesi yang meminta kesediaan pemateri melalui video conference, sesuatu yang sedang digalakkan di Kementerian Pendidikan. Secara khusus, langkah inovatif ini dipuji oleh Pak Sam Yhon bahwa IGI terutama IGI Fakfak meski dengan keterbatasan daerahnya selangkah lebih maju dari organisasi profesi lainnya dalam melaksanakan kegiatan dan memanfaatkan teknologi dalam pelatihan dan pembelajaran.

Pak Sam Yhon juga mengungkapkan strategi Guru Pembelajar tahun 2017 yang sejatinya akan berbeda dari tahun 2016. Guru nantinya bebas memilih pola mana yang dikehendakinya sesuai dengan kebutuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, yaitu Moda Daring, Moda Daring Kombinasi dan Moda Tatap Muka.

Sesi kedua diisi oleh Ketua IGMP Matematika Pusat, Pak Khairuddin yang memaparkan pentingnya teknologi abad 21 serta membentuk kelas-kelas maya di abad 21. Pak Khairuddin juga memaparkan optimalisasi tablet dalam pembelajaran sebagai upaya IGI dalam program Sagusatab dan Paperless in Classroom.

Kegiatan masih berlangsung hingga 30 April nantinya yang diisi oleh berbagai agenda literasi produktif berbasis digital, yaitu pembuatan buku digital berbasis flipbook, comic dalam pembelajaran serta eksplorasi konsep matematika melalui calculator sebagai upaya internalisasi teknologi dalam pembelajaran yang berorientasi pada Math Thinking.

Comments

comments