WORKSHOP ANIMASI DRAWING DARI IGI

0
420

Hari Sabtu, 14 Januari 2017 lalu, kami, guru-guru kota Cilegon mengikuti workshop pembuatan media pembelajaran. Buat apa sih, kami mengikuti workshop seperti itu? Tentunya untuk meningkatkan kapasitas dan skill seorang guru dalam mendidik dan mengajar. Harapannya agar pembelajaran yang dilakukan bisa jadi lebih menarik!

Dalam workshop kali ini, kami diajarkan bagaimana membuat animasi drawing sebagai media pembelajaran. Animasi drawing dibuat dengan aplikasi VideoScribe dari Sparkol dengan hasil berupa sebuah video animasi. Menariknya, semua gambar dan tulisan yang kita masukkan ke dalam video ini dapat dibuat seolah-olah ada tangan (seseorang) yang menulis dan menggambarkannya dalam durasi waktu yang bisa kita tentukan sendiri. Kesannya “wah sulit banget pasti ya bikin video ini, soalnya musti nulis dan gambar sendiri dalam waktu singkat”. Padahal semua itu hanya dibuat dalam sekian menit dengan bantuan aplikasi VideoScribe tersebut. Gambarnya juga bermacam-macam. Tentang science ada, matematika ada, sosial ekonomi juga ada. Terutama jika kita menggunakan aplikasi dalam keadaan terhubung ke internet.

Selain diajarkan membuat animasi drawing, kami juga diajarkan membuat template slide power point. Itu loh, latar belakang slide yang selalu tetap muncul di tiap slide presentasi kita, bahasa lainnya slide master.Ternyata membuatnya tak sesulit yang dibayangkan, dan kita bisa membuatnya dari aplikasi power point itu sendiri. Karena kita membuat sendiri, walhasil template presentasi kita bisa jadi berbeda dari template-template pada umumnya, dan bisa mewakili sekolah atau organisasi kita sendiri. Menarik, bukan?

Selain diajarkan berbagai skill untuk menambah inovasi pembelajaran, kami juga mendapat wawasan mengenai IGI (Ikatan Guru Indonesia). IGI adalah suatu organisasi perkumpulan guru-guru se-Indonesia yang konsen pada peningkatan kemampuan dan kapasitas guru dalam mengajar dan mendidik. Sehingga diharapkan guru-guru Indonesia dapat terus meningkat kualitasnya! Aamiin.

 Yap, semoga guru-guru di Indonesia selalu bersemangat untuk meningkatkan kualitas dirinya. Agar pembelajaran lebih berkesan dan masuk ke otak serta hati murid-murid, dan tujuan kita mencerdaskan anak bangsa bisa tercapai. Pluus..mudah-mudahan bisa mempermulus impian kita hidup di surga, Aamiin. Terimakasih banyak IGI atas workshop dan pembelajaran yang telah diberikan J Semoga Allah membalas dengan kebaikan berlipat.

Ref: Aliya Nur Zahira
(SMAIT RAUDHATUL JANNAH, CILEGON)

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here