Workshop Animasi Drawing Sparkol

0
760

Oleh: Elsa Insan Hanifa, S.Pd

Pada hari Minggu, tanggal 14 Januari 2017, telah diselenggarakan workshop untuk guru-guru se-kota Cilegon, bertempat di SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon, Kalitimbang, Kota Cilegon. Dalam workshop kali ini yang dibahas adalah mengenai media pembelajaran. Kegiatan ini diselenggarakan oleh IGI (ikatan Guru Indonesia) kota Cilegon dan dibuka langsung oleh Bapak Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli, dari Makassar. Karena pelatihan ini bertajuk workshop, tentunya kami dihadirkan banyak sekali materi bermanfaat dan kami ikut aktif langsung dalam kegiatannya.

Acara workshop ini sangat menarik menurut saya, karena didalamnya belajar mengenai sebuah media pembelajaran yang menurut saya baru, padahal diluar sana banyak orang yang sudah mengupload di internet, bukti dari sudah banyaknya orang yang mengetahui aplikasi ini. Videoscribde, ialah nama media pembelajarannya. Dengan menggunakan instalasi aplikasi bebas biaya, Sparkol, kami sudah dapat langsung menggunakannya sebagai sarana media pembelajaran di kelas. Banyak tema dan gambar yang disuguhkan dalam mempermudah penggunaan sebagai media pembelajaran, ada science, history, math, serta masih banyak lagi.

Dengan ilustrasi seperti tangan yang sedang menulis atau melukis, tampilan materi ajar semakin menjadi menarik dari biasanya. Kita bisa kreasikan sesuai karakteristik materi ajar yang akan dilaksanakan. Selain itu, kita juga dapat menambah fitur adegan-adegan dengan menambah atau mengubah letak susunan adegannya. Soundtrack pengiringnya pun dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. Semakin terbuka wawasan dan pengetahuan saya dalam hal media pembelajaran agar lebih menarik dan bagus.

Disamping itu, kita juga disajikan materi pembuatan optimalisasi template di power point. Seringkali kita menggunakan power point ketika mengajar di kelas dan kita selalu menggunakan template baku yang sudah ada dari dalam power point, sekarang kita bisa membuat template sendiri dan menjadi baku untuk setiap slide yang ada dalam power point. Optimalisasi power point dan Videoscribde ini sangat membantu guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik dan tidak monoton sehingga siswa tidak jenuh dan semangat dalam belajar di kelas.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here