DIRJEN GTK HADIRI SOSIALISASI PERDIRJEN 2626/2023 BERSAMA IGI

0
2719

Dirjen GTK Kemendikbudristek RI, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. menghadiri kegiatan Sosialisasi Perdirjen GTK 2626/2023 tentang Model Kompetensi Guru yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia di Sakura Hills, Karanganyar Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 38 Pengurus Pusat IGI (Jumat, 9/24). Turut hadir dalam kegiatan ini Dewan Pembina Pusat, Dewan Pakar Pusat, Dewan Kehormatan Pusat, dan juga perwakilan Pengurus Wilayah Jawa Tengah.

Dalam kegiatan ini Bu Dirjen memaparkan bagaimana model kompetensi guru sesuai Perdirjen GTK 2626. Beliau juga menjelaskan bahwa pengelolaan E-kinerja yang ada di PMM sudah disesuaikan dengan Perdirjen 2626 tersebut. Pengelolaan kinerja dan uji kompetensi jabatan fungsional guru disesuaikan dengan Perdirjen tersebut.

Jika selama ini E-kinerja ASN itu bersifat umum untuk semua ASN, maka indikator untuk kinerja guru masih perlu penyamaan persepsi lagi. Dengan adanya E-kinerja melalui PMM ini indikator dan bukti dukung yang diperlukan lebih jelas dan sesuai dengan tugas dan peran guru.

Adanya Refleksi Kompetensi Guru di PMM bertujuan untuk membantu guru dalam mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensinya. Jika sudah mengisi instrumen Refleksi Kompetensi ini maka diharapkan guru semakin memahami dirinya berada di level kompetensi mana serta bagaimana tindak lanjutnya. Untuk Kepala Sekolah nanti akan mengisi Refleksi Kompetensi Kepala Sekolah. Untuk Kepala Sekolah, sebentar lagi juga disesuaikan dengan Model Kompetensi Kepala Sekolah. Demikian pula untuk pengawas.

Lebih lanjut, Bu Dirjen juga menjelaskan bahwa adanya E-kinerja melalui PMM ini justru bersifat memudahkan guru. Sama sekali tidak untuk memberatkan guru. Namun ini diwajibkan untuk guru ASN saja. Bagaimana dengan guru swasta? Bu Dirjen menjelaskan bahwa guru swasta tidak wajib mengisi SKP di PMM. Namun bila ingin mengetahui bagaimana level kompetensinya, guru bisa mengisi instrument Refleksi Kompetensi Guru.

Wahid Nara, Waketum IGI – salah satu peserta kegiatan ini menanyakan bagaimana kemungkinannya jika guru dijadikan ASN Pusat semua? Bu Dirjen menjelaskan bahwa Kemendikbud sudah berupaya untuk menginisiasi hal itu. Adanya kendala-kendala yang dialami oleh guru-guru dalam seleksi P3K diantaranya juga memerlukan solusi.

Kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan menyenangkan. Banyak peserta yang masih ingin bertanya, tetapi sesi sudah harus diakhiri. [Wf]

Comments

comments