IGI go Internasional, Perkuat Program Rakernas di Lombok

0
1050
Rakernas secara daring dibuka oleh Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah

Dalam rangka menguatkan program kerja, Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (PP IGI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 dengan tema “Harmonis Bergerak dan Bekelanjutan”. Rakernas ini dilaksanakan dengan dua moda, secara daring pada tanggal 26-28 April 2028 dan luring pada tanggal 10-12 Mei 2024 di Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat. Rakernas ini merupakan kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan sesuai AD/ART. Kali ini adalah yang ke-4 pada kepemimpinan Danang Hidayatullah (2021-2026) yang mengusung visi IGI menjadi organisasi profesi guru berkelas dunia.

Pembukaan Rakernas secara daring dimulai pada Jumat, 26 April 2024 pukul 19.30 WIB, dilanjutkan dengan sidang pleno I hingga pukul 22.30 WIB. Peserta rakernas sejumlah 130, terdiri dari Dewan Kehormatan Pusat, Dewan Pakar Pusat, Ketua Dewan Pembina Pusat, Anggota Dewan Pembina Pusat, Ketua Umum, Sekertaris Jendral, Wakil Ketua Umum, para Direktur, para Ketua Bidang, Pengurus Pusat dan utusan Pengurus IGI dari berbagai Wilayah di Indonesia.

Rakernas secara daring dibuka oleh Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah yang diawali oleh laporan ketua panitia, Khairina Lubis dan arahan dari Dewan Pembina Dr. Marjuki, M.Pd.

Selanjutnya, sidang pleno pertama berlangsung kurang lebih dua jam dengan materi Pembahasan dan Pengesahan Tata Tertib Persidangan Rakernas tahun 2024 oleh Ary Widi Kristiani di lanjutkan dengan Pembahasan dan Pengesahan Agenda Rakernas tahun 2024 oleh panitia pengarah.

Pembahasan dan Pengesahan Tata Tertib Persidangan Rakernas tahun 2024

Menurut ketua umum Danang Hidayatullah, visi pada kepemimpinannya adalah membawa IGI menjadi Organisasi Profesi Guru berkelas dunia (IGI Go International), beberapa hal yang telah dilakukan di antaranya adalah kerjasama dengan salah satu lembaga perdamaian dunia di Korea Selatan, kegiatan Edutech Asia di Singapura di mana pada kegiatan tersebut beberapa anggota/pengurus IGI mengambil peran menjadi pembicara pada sesi show and tell, dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa sekolah luar negeri di Johor Malaysia untuk menjalin kerjasama/kolaborasi dengan pendidik disana. Edutech Australia juga menjadi target kegiatan terdekat, serta beberapa negara lainnya akan diadakan kerjasama maupun lawatan untuk mengembangkan pendidikan.
“Kami ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh pengurus IGI pusat hingga daerah yang telah berkonstribusi dalam membesarkan organisasi” jelasnya. “Sehingga IGI hari ini terus maju dan go international” tambahnya.

Hal senada diungkapkan ketua dewan pembina IGI Pusat Dr. Marzuki berharap agar pengurus kompak dalam menjalankan program, dan jika ada kendala dirembukkan melalui musyawarah, “IGI dikawal oleh Pengurus yang dikenal militan dalam memajukan pendidikan, sehingga mari terus jaga kekompakan dalam menjalankan program” jelasnya. “Jika ada perbedaan itu merupakan hal biasa, namun tetap kompak dalam mengawal kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya kompetensi guru” tambahnya. (alim/fafa/Rah)

Comments

comments