DENGAN GADGET, KITA MENEMU BALING

0
345

Depi Susanti, S.Pi. – Kalsel

Dengan semangat rajin pangkal pandai, bersama IGI (Ikatan Guru Indonesia) kita melangkah ke depan dengan membawa perubahan pola pikir, kebiasaan, kecerdasan berpikir dan bertindak dan berbagi dengan teman sejawat atau semua orang sehingga terjadi perubahan di generasi yang akan datang.

Dengan metode menemu baling (menulis dengan mulut, berbicara dengan telinga) bisa membuka mata kita sebagai guru bahwa tinggalkan pola lama kita dan kita sambut pola baru, mata kita buka dengan datangnya perkembangan IT di dalam kegiatan pembelajaran kita sehari-hari baik itu di lingkungan formal atau pun non formal. Mari kita bangun bangsa ini bersama IGI kita ciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang lebih baik, bermoral, berbudi pekerti, santun dan bersahaja dalam membangun karakter putra putri bangsa yang cerdas dan terdepan. Oleh karena itu guru sangat berperan dalam penciptaan generasi-generasi yang tangguh, cerdas dan bermoril.

Seiring perkembangan IT mari kita sebagai guru manfaatkan sebaik-baiknya kecanggihan teknologi dalam pembelajaran yang cerdas di kehidupan kita sehari-hari. Mereka harus punya karya kreatif, inovatif dan solutif supaya peserta didik kita mempunyai nilai positif yang lebih. Guru harus senantiasa meletakkan pikiran pada paparan HOTS ( Higher Order Thingking Skill) mereka harus terus mampu melatih, mengolah informasi yang menjadi skemata, pioner pengetahuan melalui kreativitas-krativitas mereka sehingga menghasilkan respon hal-hal baru dari ide-ide kreatifnya atau pun karya-karya inovatifnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh IGI (Ikatan Guru Infonesia) wilayah Banjarmasin adalah Training Of Coach (TOC) Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Berbasis Digital. Kegiatan ini memberikan inspiratif bagi guru yang mau melakukan perubahan dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerja sama antara LPMP dengan Samsung yang sangat mendukung program penggerak dan pelopor IGI Wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru. Pihak-pihak inilah yg memberi dukungan dan kontribusi yang sangat besar.

Kegiatan ini sangat didukung sekali oleh kepala pimpinan LPMP Banjarbaru yaitu Bapak Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd. Beliau ingin guru-guru di daerah bisa menjadi pioner bagi teman-teman yang lain agar bisa berbagi informasi dan menstransfer pengetahuannya setelah mereka mendapatkan training of coach (TOC) di LPMP Banjarbaru.

Dalam kegiatan ini guru-guru diberikan keterampilan penggunaan IT dalam aplikasi pembelajaran dan telaahan kurikulum 2013 yang sangat penting dan baik bagi guru, dengan harapan akan terjadi perubahan dalam berpikir cerdas, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dan ahli dalam penggunaan IT sebagai medianya.

Semoga kita semua dalam keberkahanNya dan perlindunganNya dalam menyongsong penciptaan anak bangsa yang berakhlak, budi pekerti yang luhur, santun bertutur kata, hormat menghormati serta memiliki otak yang cerdas dan kreativitas tinggi. Sehingga bangsa kita tidak menciptakan manusia-manusia yang tidak cerdas. Tapi manusia yang berkualitas, kreatif dan inovatif. Di bawah naungan IGI kita selalu menambah kualitas dan kompetensi diri kita dari hari ke hari dan selalu sharring of together.
Guru-guru IGI dihimbaukan selalu sharring,selalu aktif kreatif dan inovatif serta selalu rajin membaca buku karena filsafah Rajin Pangkal Pandai masih digunakan dan wajib membaca salah satu contoh buku yang berjudul”Berpikir dan Berjiwa Besar” karya David J Scooth (Pesan bapak Saopono). Selain itu bertepatan dengan hari guru seIndonesia bersama-sama kita berjabat tangan, merapatkan barisan kita lakukan reformasi dunia pendidikan menjadi lebih baik.

Salam Pergerakan dan perubahan baru bersama IGI di dalam dunia pendidikan.

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here